Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Keadaan Bumi Dan Alam Kubur

Sajadah Muslim ~ Dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa Anas Ibnu Malik ra berkata : ”Sesungguhnya bumi  itu  setiap harinya memanggil-manggil dengan 10 kali panggilan yaitu :

  1. Wahai anak cucu Adam, di atas punggungku  kamu berjalan dan berusaha, dan di dalam perutku kamu akan kembali
  2. Diatas punggungku kamu tertawa bersuka ria dan di dalam perutkulah kamu akan menangis
  3. Diatas punggungku kamu tertawa bersuka ria dan di dalam perutkulah kamu akan menangis 
  4. Diatas punggungku kamu makan harta yang diharamkan dan di dalam perutkulah kamu akan dimakan oleh cacing tanah.
  5. Diatas punggungku kamu bergembira dan di dalam perutkulah kamu akan merasakan kesusahan
  6. Diatas punggungku kamu menumpuk-numpik barang yang haram dan di dalam perutkulah kamu akan hancur
  7. Diatas punggungku kamu berlagak sombong dan di dalam perutkulah kamu akan hina
  8. Diatas punggungku kamu berjalan, dengan senang dan di dalam perutkulah kamu akan jatuh susah
  9. Diatas punggungku kamu berjalan di dalam cahaya dan di dalam perutkulah kamu akan duduk di dalam kegelapan.
  10. Diatas punggungku kamu berjalan dengan banyak orang dan di dalam perutkulah kamu akan duduk sendirian.
Diriwayatkan dalam hadits yang lain, disebutkan bahwa sesungguhnya alam kubur itu setiap harinya memanggil-manggil dengan 3 (tiga) kali panggilan yaitu :
  1. Aku adalah rumah orang yang sendirian, yang penuh dengan kesusahan kalajengking dan ular-ular
  2. Aku adalah rumah yang penuh dengan kegelapan
  3. Aku adalah rumah yang penuh cacing tanah dan ular. Dan apa yang kamu persiapkan untuk menghadapiku nanti ?
Telah disebutkan, bahwasanya alam kubur itu setiap harinya memanggil-manggil dengan 5 (lima) kali panggilan yaitu :
  1. Aku adalah rumah orang yang sendirian, maka jadikanlah aku sebagai temanmu yang baik dengan memperbanyak membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an.
  2. Aku adalah rumah yang penuh dengan kegelapan, maka terangilah aku dengan memperbanyak shalat pada waktu malam hari.
  3. Aku adalah rumah yang penuh dengan debu-debu, maka bawalah tikar yaitu dengan memperbanyak amal kebaikan.
  4. Aku adalah rumah yang penuh dengan ular-ular besar, maka bawalah suatu penangkal, yaitu kalimat Basmallah dan mengalirnya air mata (karena rasa takut kepada Allah swt)
  5. Aku adalah rumah tempat pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir, maka perbanyaklah di atas punggungku dengan membaca kalimat Thayyibah, supaya kamu dapat menjawab  semua pertanyaan-pertanyaan itu.
Sumber : Abu Khalid, MA
Labels: Kematian

Thanks for reading Keadaan Bumi Dan Alam Kubur. Please share...!

0 Comment for "Keadaan Bumi Dan Alam Kubur"

Back To Top