KELUARGA DAN SAHABAT RASULULLAH

Siti Aminah, Ibunda Rasulullah, Dimakamkan di Desa Abwa’

Setelah lima tahun diasuh keluarga Sa’ad, Muhammad kemudian dikembalikan ke ibunya. SUatu hari, Siti Aminah dan Muhammad pergi ke Madinah bersama rombongan. Saat ia hendak pulang ke Makkah, ia jatuh sakit. Kala itu ia bersama rombongan membawa dua unta. Di tengah perjalanan, tepatnya di Abwa’ yaitu desa antar Madinah dan Mekkkah. Aminah menghembuskan napas terakhir. Ia meninggal dan jasadnya dimakamkan di desa itu. Muhammad kemudian dibawa Ummu Aiman ke Mekkah dengan sebatang kara dan menjadi anak yatim piatu.

Makam Leluhur Nabi Muhammad di Gaza

Gaza adalah nama sebuah wilayah di Timur Tengah, tepatnya di Pelestina, yaitu di bagian barat daya. Gaza merupakan wilayah yang bentuknya memanjang dan sempit. Panjang wilayah 45 km dengan lebar 5,7 km di beberapa  bagian dan 12 km di bagian perbatasan dekat Mesir. Luas wilayah Gaza adalah 365 km persegi. Di tanah itu Hasyim bin Abdul Manaf dimakamkan. Ia adalah orang tua dari kakek Rasulullah, Abdul Muthalib. Di wilayah itu, seorang ulama besar  juga  dilahirkan. Ia adalah Imam Syafi’i, yang dilahirkan pada bulan Rajab tahun 150 H (767 M) di  jalur Gaza.

Di Balik Nama Fatimah Az-Zahra

Fatimah Zahra, putri Rasul, adalah wanita mulia kekasih Allah dan Rasul-Nya. Dari  segi bahasa, kata ‘Fatimah’ diambil dari kata  ‘Fahama’, yang berarti “anak yang  disapih dari susuan.” Imam Muhammad  bin Ali al-Baqir, menyatakan bahwa setelah Fatimah  disapih dari susu, ia mengganti air susu dengan makanan pertama berupa ilmu. Sedangkan ‘Zahra’ berarti “yang bersinar” atau “yang memancarkan cahaya.” Salah satu sebab Fatimah  dinamai  az-Zahra, karena tiga kali pada setiap hari ia memancarkan cahaya suaminya, yaitu Ali bin Abi Thalib, pada pagi, siang dan malam hari.

Fatimah Beli Perabotan dari Mahar Nikah

Siti  Fatimah Az-Zahra, putri Rasul, ketika berumah tangga dengan Ali bin Thalib, merasa bingung lantaran belum punya rumah. Tiba-tiba seorang pria kaya dari kalangan Anshar  menawarinya sebuah rumah. Ali menolak. Ia tak mau menerima pemberian. Pria itu bersikukuh ingin memberikan rumah itu. Hingga kemudian Nabi menengahi, Nabi membolehkan  Ali dan Fatimah menempati rumah itu dengan cara jual beli. Sebagian uang untuk membeli perabotan rumah diambil dari sebagian mahar yang diberikan Ali pada fatimah.

Istiqamah Menurut Khulafaur Rasyidin

Istiqamah secara harfiah berarti lurus, jujur. Abu bakar berkata bahwa istiqamah ialah tidak mempersekutukan Allah dengan lain. Umar bin Khatab berpendapat bahwa istiqamah  berarti lurus dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganya. Utsman bin Affan, berkata bahwa istiqamah berarti mengikhlaskan amal ibadah dan perbuatan  semata-mata hanya karena Allah. Di sini berarti bahwa istiqamah adalah untuk memurnikan ibadah, yaitu karena Allah semata. Sedangkan Ali bin Abi Thalib berpandangan bahwa istiqamah adalah untuk menjalankan semua kewajiban yang diembankan kepadanya. Di sini istiqamah berarti konsisten menjalankan kewajiban agama.

Siapakah Nama Sebenarnya Abu bakar RA ?

Nama lengkap Abu Bakar Shiddiq adalah ‘Abd Allah ibn ‘Uthman ibn Amir ibn Amru ibn Ka’ab ibn Sa’ad ibn Taim ibn Murrah ibn Ka’ab ibn Lu’ia ibn Ghalib ibn Fihr al-Quraishi at- Tamimi’. Panggilan Abu Bakar Shiddiq ini sebenarnya adalah sebagai gelar saja. “Abu” artinya bapak, “Bakar” artinya dengan segera (beliau dinamai demikian karena beliau  masuk Islam dengan segera, mendahului yang lain). Kemudian “ash – Shiddiq,”  artinya  yang amat membenarkan.” Karena beliau amat membenarkan berbagai pengalaman dan ajaran di bawa nabi, terutama peristiwa Isra Mi’raj.

Gaji Abu Bakar Sebagai Khalifah Rp.6 Juta Perbulan

Setelah diangkat sebagai khalifah, sehari kemudian Abu Bakar ke pasar dengan barang dagangnya. Umar bin Khattab bersama para sahabat menghitung pengeluaran rumah tangga khalifah sehari-hari. Tak lama, mereka menetapkan gaji tahunan 2.500 dirham  untuk Abu Bakar, dan secara bertahap, ditingkatkan menjadi 500 dirham sebulan. Jika  dikonversikan pada rupiah gaji Abu Bakar sebesar  Rp. 72 juta  dalam setahun, atau sebesar  Rp. 6 juta, dalam sebulan. Sekadar informasi, nilai dirham tidak pernah berubah.

Oleh Uup Gufron
Terima Kasih Sudah Membaca: KELUARGA DAN SAHABAT RASULULLAH

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 21:39
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger