Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Hukum Berzina Di Bulan Ramadhan

Sajadah Muslim ~ Berzina hukumnya haram dan dosa besar bukan saja di bulan Ramadhan, tetapi juga di bulan-bulan lain. Cuma melakukan zina di bulan Ramadhan lebih dikeji karena pelakunya tidak menghormati bulan Ramadhan. Orang yang berzina di siang hari di bulan Ramadhan, batal puasanya dan ia bukan sahaja wajib mengqadha puasa hari itu, tetapi juga diwajib Kaffarah atasnya.

Hukuman Bagi Orang Yang Melakukan Perzinahan

Jika Ia Belum Menikah, Firman Allah SWT : “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, Maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.” (QS. An Nur : 2). Dan sabda Rasulullah SAW : Dari Abu Hurairoh ra bahwasanya Rasulullah saw pernah memberikan hukuman kepada orang yang berzina (belum menikah) dengan hukuman dibuang (diasingkan) satu tahun dan pukulan seratus kali.” (HR. Bukhori). Dan jika ia sudah menikah maka hukumannya adalah  dirajam.
Baca juga : Puasa Dalam Islam

Berzina di Bulan Ramadhan

Orang yang berzina di bulan Ramadhan, berdosa berkali lipat.
  1. Pertama, dosanya adalah dosa membatalkan puasa, untuk itu dia harus mengqadha’nya di hari lain. 
  2. Dosa yang kedua, dia berdosa telah melakukan hubungan seksual di bulan Ramadhan dan merusak kesuciannya, maka dia wajib membayar kaffarat dalam bentuk membebaskan budak. Bila tidak dimungkinkan secara teknis, maka harus berpuasa 2 bulan berturut-turut.
  3. Dan dosa yang ketiga, dia berdosa karena berzina, hukumannya adalah cambuk 100 kali dan dibuang (diasingkan) selama 1 tahun. Tapi kalau dia sudah beristri, hukumannya beda. Yaitu dihukum rajam (dilempari dengan batu di hadapan umum) hingga nyawanya lepas.
Tetapi Allah SWT adalah Tuhan Maha Pengampun, sebesar apapun dosa seorang hamba, maka ampunan Allah lebih besar lagi. Asalkan di hamba itu serius mau bertobat dan minta ampun.

Labels: Puasa Zakat

Thanks for reading Hukum Berzina Di Bulan Ramadhan. Please share...!

0 Comment for "Hukum Berzina Di Bulan Ramadhan"

Back To Top