Niat Puasa Ramadhan

Sajadah Muslim ~ Assalamu Alaikum Wr. Wb. Niat merupakan hal awal yang jadi penentu bagi apa yang kita kerjakan. Seperti sabda Rasulullah, Sesungguhnya semua amal itu (sah atau tidaknya) tergantung pada niat melakukannya dan setiap orang hanya akan mendapat sesuai apa yang ia niatkan. Dari sinilah betapa pentingnya niat dalam menjalankan ibadah terutama saat melakukan ibadah wajib seperti Puasa Ramadhan. Niat berpuasa Ramadhan merupakan salah satu rukun puasa. 

Niat Puasa

"NAWAITU SAUMAGADIN AN’ADAI FARDHI SYAHRI RAMADHANA HADZIHISANATI LILLAHITA’ALA”. Artinya : "saya niat berpuasa wajib, sehari penuh, besok dibulan ramadhan dalam tahun ini atas perintah allah swt".

Untuk puasa wajib, seorang muslim wajib berniat sebelum masuk waktu subuh. Hal ini berdasarkan hadis dari Hafshah radhiallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang belum berniat puasa di malam hari (sebelum subuh) maka puasanya batal.” (HR. An Nasa’i dan dishahihkan Al Albani). Dalam riwayat yang lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang belum berniat puasa sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Abu Daud, Ibnu khuzaimah, baihaqi)

ketika adzan maghrib telah berkumandang, tibalah saatnya kita untuk berbuka puasa. Seringkali ada diantara kita mengucapkan doa tertentu sebelum menyantap makanan dan minuman. Semestinya, kita cukup melafalkan ucapan basmalah semata.

Sekian, Wassalamu Alaikum Wr. Wb

Baca juga : Puasa Dalam Islam
Terima Kasih Sudah Membaca: Niat Puasa Ramadhan

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 10:40
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger