Tata Cara Shalat Sunnah Taubat

Sajadah Muslim ~ Yang dimaksud dengan shalat Taubat adalah shalat yang dikerjakan oleh seseorang disebabkan menyesali perbuatan maksiat (dosa), dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. 


Adapun hukum mengenai shalat Taubat adalah sebagaimana telah diketahui bahwa selain shalat fardhu lima waktu adalah hukumnya sunnah.

Mengenai waktu mengerjakannya adalah sewaktu-waktu (kapan saja) merasa berdosa baik terhadap manusia lebih-lebih terhadap Allah SWT. Maka cepat-cepatlah bertaubat kepada Allah SWT jangan sampai terlambat mengerjakan shalat taubat.

Cara Melakukan Shalat Sunnah Taubat

Lafazd Niat Shalat Sunnah Taubat :
USHOLLI SUNNATAT TAUBATI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALA. ALLAAHU AKBARU. Artinya : “Saya berniat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allahu Akbar”.

Sementara untuk bilangan rakaatnya ialah bisa dikerjakan dua, empat atau enam rakaat.
 
Baca juga : 

Anjuran Shalat Sunnah Taubat

Sabda Nabi Muhammad SAW : “Tidak ada dari salah seorang yang pernah berbuat dosa, lalu bangun (bergerak) dan bersuci (berwudhu) lalu mengerjakan shalat, kemudian memohon ampun pada Allah, kecuali Allah akan memberikan ampun untuknya (padanya). Kemudian membaca ayat ini : (Yang artinya) : “Mereka ketika berbuat kejelekan atau menganiaya (berbuat dosa) terhadap dirinya sendiri kemudian mereka (cepat-cepat) berdzikir (ingat) kepada Allah, lantas memohon ampun atas dosa mereka dan siapakah yang mengampuni segala dosa, (tidak ada lain) kecuali hanya Allah. Dan (mereka sadar dan insyaf serta berjanji kepada Allah) tidak akan mengulangi perbuatan mereka (seperti yang telah lewat), maka akan mendapat balasan suatu ampunan dari Tuhan mereka (Allah) dan surga yang mengalir dibawahnya beberapa sungai, (disitulah) tempat mereka yang kekal abadi”. (HR. Abu Dawud, Nasa’I, Ibnu Majah dan Baihaqi).

Hadist tersebut memberikan pengertian pada kita bahwa shalat Taubat adalah sangat dianjurkan untuk mengerjakannya, terutama bagi orang yang sering berbuat maksiat baik terhadap sesama manusia maupun terhadap Allah. Oleh karena itu, marilah kita rajin mengerjakannya agar kita nanti kembali kepada Allah benar-benar bersih dari noda-noda dosa yang setiap saat kita kerjakan, lebih-lebih dalam zaman yang sudah terang-terangan banyak para wanita yang suka memamerkan auratnya dimata umum, yang tentunya sebagai sumber kemaksiatan bagi kita semua apabila tidak mau memenjamkan mata kita.

Doa Sesudah Mengerjakan Shalat Sunnah Taubat

Sehabis mengerjakan shalat Taubat, perbanyaklah membaca istighfar yang intinya mohon ampun kepada Allah dan bertaubat (kembali kepada Allah) dengan mentaati segala perintahnya serta menjauhi semua larangannya. Inilah Doa dan Istighfar yang dibaca :
 
ASTAGHFIRULLAAHAL ‘ADHIIMA. AL LADZIILAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QOYYUMU WA ATUUBU ILAIHI (70 X). ALLAAHUMMAGHFIR LII DZUNUUBII KULLAHU MAA QODDAMTU WA MAA ANTA A’LAMU BIHI MINNII. ANTAAL MUQODDIMU WA ANTAL MU’ AKHKHIRU LAA ILAAHA ILLAA ANTA. ALLAAHUMMA INII DHOLAMTU NAFSII DHULMAN KATSIIRON WA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA. FAGHFIR LII MAGGFIROTAN MIN ‘INDIKA WARHAMMI INNA ANTAL GHOFUURUR ROHIIMU.

Artinya : “Saya mohon ampun pada Allah Yang Maha Agung. Dzat yang tidak ada Tuhan kecuali Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri sendiri dan saya bertaubat kepada-Nya (Dibaca 70 X). wahai Allah, ampunilah segala dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang saya rahasiakan, yang saya nampakkan dan yang Engkau lebih mengetahui dari aku. Engkaulah Dzat Yang Maha Dahulu dan Engkaulah Yang Maha Akhir. Tidak ada Tuhan kecuali Engkau Wahai Allah, sesungguhnya saya telah menganiaya diriku sendiri dengan penganiayaan (dosa) yang banyak dan tidak ada yang (sanggup) mengampuni, kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan pengampunan dari sisi-Mu dan belas kasihanilah aku sesungguhnya Engkau adalah Dzat Yang Maha Pengampunan lagi Maha Penyayang”.

Baca juga : Doa Dalam Islam
Terima Kasih Sudah Membaca: Tata Cara Shalat Sunnah Taubat

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 16:12
 
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger