Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Tata Cara Shalat Wudhu Yang Benar

Sajadah Muslim ~ Shalat Wudhu adalah shalat yang dikerjakan sesudah melakukan wudhu ketika akan shalat. Hukum shalat wudhu adalah sunnah sebagaimana kita ketahui bahwa selain shalat fardhu lima waktu adalah hukumnya sunnah. 


Sehubungan dengan shalat Wudhu ini Rasulullah SAW pernah bertanya kepada sahabat Bilal pada waktu setelah mengerjakan shalat subuh : “Wahai Bilal, ceritakanlah kepada saya tentang salah satu amal perbuatan yang lebih diharapkan (diandalkan) yang engkau kerjakan dalam Islam, sebab sebenarnya saya telah mendengar detak suara sandalmu di surga ?”. Sahabat  Bilal menjawab : “Saya tidak mengerjakan suatu amal perbuatan yang lebih saya harapkan, bahwa sesungguhnya saya tidak bersuci (berwudhu) diwaktu malam maupun siang kecuali saya mengerjakan shalat (sunnah) karena bersuci (wudhu) yang ditentukan bagiku untuk shalat”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Adapun mengenai waktu untuk mengerjakan shalat Wudhu adalah setiap selesai mengambil air wudhu secara sempurna, kemudian membaca doa sesudah wudhu lalu mengerjakan shalat sunnah wudhu tersebut.

Cara Melakukan Shalat Wudhu

Sedangkan cara mengerjakannya adalah sebagaimana mengerjakan shalat sunnah biasa, hanya saja yang berbeda ialah pada lafazd niatnya. Berikut Niat Shalat Sunnah Wudhu :
USHOLLI SUNNATAL WUDLUU’I ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBARU. 

Artinya : “Saya berniat shalat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allahu Akbar.”

Sementara untuk bilangan rakaat shalat sunnah wudhu adalah cukup dua rakaat saja.

Baca juga :

Anjuran Shalat Sunnah Wudhu

Sabda Nabi Muhammad SAW : “Barangsiapa yang berwudhu, lalu mengerjakan shalat dua rakaat tidak lalai (dengan khusyu) dalam keduanya, maka diampuni dosa-dosa yang sudah lewat”. (HR. Abu Dawud). Dan sabdanya lagi : “Tidak ada dari seorang yang berwudhu (kemudian) memperbaiki (menyempurnakan) wudhunya (lalu) dia mengerjakan shalat dua rakaat, dia hadapi shalatnya dengan hati dan wajahnya (khusyu), kecuali wajib baginya surge (masuk surga)”. (HR. Muslim)

Kedua hadist tersebut memberikan pengertian pada kita, bahwa shalat wudhu sangat besar pahalanya dan sebaiknya kita kerjakan secara rutin setiap selesai berwudhu sebagaimana yang telah dikerjakan oleh Bilal.

Doa Sesudah Mengerjakan Shalat Wudhu

ALLAAHUMMAJ ‘ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ ‘ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA WAJ ‘ALNII MIN ‘IBAA-DIKASH SHOOLIHIINA. ROBBANAA AATINAA FIID DUN-YAA HASANATAN WA FIIL AAKHIROTI HASANATAN WA QINAA ‘ADZAABAN NAARI. WA SHOLLALLAAHU ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHI WA SHOHBIHI AJMA’IINA. WAL HAMDU LILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIINA.

Artinya : “Wahai Allah, jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bertaubat, jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah saya dari golongan orang-orang yang sholeh-sholeh. Wahai Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa neraka. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada junjungan Nabi Muhammad teriring sahabat beliau semuanya. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam”.

Baca juga : Doa Dalam Islam
Labels: Shalat

Thanks for reading Tata Cara Shalat Wudhu Yang Benar. Please share...!

1 Comment for "Tata Cara Shalat Wudhu Yang Benar"

This comment has been removed by the author. - Hapus

Back To Top