Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Tata Cara Shalat Sunnah Awwabin


Sajadah Muslim ~ Yang dimaksud dengan Shalat Awwabin adalah shalat yang tujuannya memperbanyak pendekatan kepada Allah SWT dengan menggunakan waktu yang telah diberikan oleh-Nya dimanfaatkan yang sebaik-baiknya untuk mengerjakan shalat dimana waktu tersebut tidak dilarang untuk mengerjakan shalat-shalat sunnah. 


Adapun mengenai hukumnya shalat awwabin adalah sunnah, sebagamana bahwa selain shalat fardhu lima waktu hukumnya adalah sunnah. Mengenai ketentuan waktu mengerjakannya yaitu sesudah shalat maghrib sehabis mengerjakan shalat sunnah ba’diyah Maghrib.


Cara Shalat Sunnah Awwabin


Sedangkan cara mengerjakan shalat sunnah Awwabin adalah sebagaimana shalat-shalat sunnah yang lainnya hanya saja berbeda pada lafazd niatnya.



Lafazd Niat Shalat Sunnah Awwabin :



USHOLLI SUNNATAL AWWABIINA ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBARU. Artinya : “Saya berniat Shalat Sunnah Awwabin dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allahu Akbar”.



Bilangan Rakaat Shalat Sunnah Awwabin :


Mengenai bilangan rakaat shalat sunnah Awwabin, paling sedikit dua rakaat dan paling banyak enam rakaat.


Baca juga : 

Anjuran Shalat Sunnah Awwabin


Adapun mengenai anjuran untuk mengerjakan shalat sunnah Awwabin ini tidak ada hadist yang menganjurkan secara jelas, oleh karena itu bagi orang yang banyak mempunyai kelonggaran waktu, silakan untuk mengerjakannya.

Doa Sesudah Shalat Sunnah Awwabin


Setelah selesai mengerjakan shalat awwabin, perbanyaklah dengan berdzikir yang menyebabkan mendapat ampunan dan pahala yang banyak, misalnya membaca istighfar, tasbih, tahmid, tahlil, takbir dan membaca shalat atas Nabi Muhammad SAW yang sebanyak-banyaknya, kemudian berdoa :



ALLAAHUMMAJ ‘ALNII SYAKUURON WA’ ALNI SHOBUURON WAJ ‘ALNII FII ‘AINII SHOGHIIRON WA FI A’YUNIN NAASI KABIIRON. ROBBANAA AATINAA FIID DUN-YAA HASANATAN WA FIIL AAKHIROTI HASANATAN WA QINAA ‘ADZAABANNAARI. WAL HAMDU LILLAHI ROBBIL ‘AALAMIINA.



Artinya : "Ya Allah, jadikanlah saya ini (termasuk) orang yang suka bersyukur (pada segala karunia-Mu) dan jadikanlah saya ini (termasuk) orang yang sabar (atas segala musibah dan cobaan), serta jadikanlah saya ini kecil dalam pandangan saya, namun dalam pandangan orang-orang lain besar (atau banyak jasanya). Wahai Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan berilah kami kebahagiaan di akhirat serta selamatkanlah kami dari siksa api neraka, dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam".

Baca juga : Doa Dalam Islam
Labels: Shalat

Thanks for reading Tata Cara Shalat Sunnah Awwabin. Please share...!

0 Comment for "Tata Cara Shalat Sunnah Awwabin"

Back To Top