Tata Cara Shalat Sunnah Musafir

Sajadah Muslim ~ Yang dimaksud dengan shalat sunnah Musafir adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebelum keluar akan bepergian dan begitu pula ketika pulang dari bepergian. Mengenai hukumnya shalat Musafir adalah sunnah sebagaimana diketahui bahwa selain shalat fardhu lima waktu adalah sunnah hukumnya.


Waktu untuk mengerjakannya yaitu pada waktu sebelum keluar dari rumah untuk bepergian dan ketika datang atau pulang dari bepergian.

Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Musafir

Cara mengerjakan Shalat Sunnah Musafir adalah sama seperti shalat-shalat sunnah yang lain, hanya berbeda pada lafazd niatnya saja.

Lafazd Niat Shalat Sunnah Musafir

USHOLLI SUNNATASSAFARI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’ALAA. ALLAAHU AKBAR. Artinya : “Saya berniat shalat sunnah bepergian dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allaahu Akbar”.

Bilangan Rakaat Shalat Sunnah Musafir

Bilangan rakaatnya shalat Musafir itu ada empat rakaat.

Baca juga : 

Anjuran Shalat Sunnah Musafir

Rasulullah SAW bersabda : “Jika engkau keluar dari rumahmu (untuk bepergian), supaya engkau shalat dua rakaat, (semoga) kedua shalatmu itu bisa memelihara engkau dari kemasukan kejahatan (dengan izin Allah). Dan ketika engkau masuk ke rumahmu (pulang dari bepergian), maka shalatlah dua rakaat, (semoga kedua shalat) yang engkau kerjakan bisa memelihara dari kemasukan kejahatan (dengan izin Allah)”. (HR. Baihaqiy yang bersumber dari Abu Hurairah ra).

Doa Sesudah Mengerjakan Shalat Sunnah Musafir

Mengenai doa sesudah Shalat sunnah Musafir, sebaiknya berdoalah untuk mohon keselamatan dan semoga apa yang dituju berhasil dengan baik. Dan untuk doa setelah pulang supaya banyak-banyak bersyukur atas segala kenikmatan yang telah diberikan serta berdoalah menurut kehendak anda masing-masing.

Baca juga : Doa Dalam Islam
Terima Kasih Sudah Membaca: Tata Cara Shalat Sunnah Musafir

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 13:35
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger