Cara Berziarah Ke Masjid Nabawi

Sajadah Muslim - Assalamu Alaikum WR WB. Masjid Nabawi adalah salah satu Masjid terpenting yang terdapat di Kota Madinah tepatnya Kerajaan Saudi Arabia, karena dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnya. Masjid ini merupakan salah satu Masjid yang utama bagi umat Muslim diseluruh dunia setelah Masjidil Haram di Kota Mekkah dan Masjidil Aqsa di Kota Yerussalem Palestina. Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Kota Mekkah. Berikut Cara Berziarah Ke Masjid Nabawi :

Pertama : Disunahkan bagi anda yang pergi ke Madinah kapan saja waktunya, dengan niat ziarah ke Masjid Nabawi dan melakukan Shalat di dalamnya, karena shalat di Masjid Nabawi lebih baik dari seribu kali shalat di Masjid-masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram di Mekkah

Kedua : Tidak disyariatkan ketika berziarah ke Masjid Nabawi memakai pakaian ihram, dan membaca talbiah, serta tidak ada hubungannya sama sekali dengan ibadah haji.

Ketiga : Apabila anda telah sampai di Masjid Nabawi, masuklah dengan mendahulukan kaki kanan dan membaca “Bismillahi” serta shalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Lalu mohonlah kepada Allah agar membukakan untuk anda segala pintu rahmat-Nya, dan bacalah : “Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung, kepada Wajah-Nya yang Maha Mulia, dan kepada kekuasaan-Nya yang Maha Qadim (dahulu), dari godaan syetan yang terkutuk. Ya Allah ! Bukakanlah bagiku segala pintu rahmat-Mu”. Dan doa ini juga dianjurkan untuk dibaca setiap masuk Masjid-Masjid yang lain.

Keempat : Setelah memasuki Masjid Nabawi, segeralah anda melakukan shalat tahiyat masjid, kalau bisa sebaiknya dilakukan di Raudhah, jika tidak memungkinkan maka boleh dilakukan di tempat mana saja di dalam Masjid.

Kelima : Kemudian pergilah menuju makam Rasulullah SAW dan berdirilah di depannya dengan menghadap ke arahnya, lalu ucapkanlah dengan sopan dan suara lirih : “Semoga salam sejahtera, rahmat Allah dan berkah-Nya terlimpah kepadamu wahai Nabi (Muhammad)”. “Ya Allah ! Berilah beliau kedudukan tinggi di surga serta kemuliaan, dan tempatkanlah beliau di tempat terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya. Ya Allah ! Balaslah jasa-jasa beliau (yang telah menyampaikan risalah) kepada umatnya dengan sebaik-baik balasan”.

Kemudian bergeserlah anda sedikit ke sebelah kanan, agar dapat berada di hadapan makam Abu Bakar ra, ucapkanlah salam kepadanya dan berdoalah memohonkan keampunan, rahmat dan ridha Allah untuknya. Kemudian bergeserlah anda sedikit lagi ke sebelah kanan, agar dapat berada di hadapan makam Umar ra, ucapkanlah salam kepadanya dan berdoalah memohonkan keampunan, rahmat dan ridha Allah untuknya.

Keenam : Disunatkan bagi anda berziarah ke Masjid Quba dalam keadaan suci dan hadats, dan lakukanlah shalat di dalamnya, karena Nabi SAW sendiri melakukan hal itu dan menganjurkannya.

Ketujuh : Disunatkan juga bagi anda berziarah ke pekuburan Baqi’. Di dalamnya terdapat kubur ‘Usman ra, begitu juga anda dianjurkan menziarahi para syuhada Uhud, yang di antara mereka adalah Hamzah ra, ucapkanlah salam dan berdoalah untuk mereka, karena Nabi SAW sendiri menziarahi dan berdoa untuk mereka. Kepada para sahabatnya, beliau mengajarkan apabila mereka berziarah kubur agar mengucapkan : “Semoga salam sejahtera terlimpah untuk kamu sekalian, wahai para penghuni kubur yang mukmin dan muslim. Dan kami pun insya Allah akan menyusul kamu sekalian, semoga Allah mengaruniai keselamatan untuk kami dan kamu sekalian”. (HR. Muslim).

Di Madinah Munawwarah tidak ada Masjid ataupun tempat yang sunat untuk diziarahi selain Masjid dan tempat-tempat yang tersebut diatas. Oleh karena itu janganlah anda memberatkan diri atau bersusah-payah mengerjakan sesuatu yang tidak ada pahalanya, bahkan mungkin anda akan mendapatkan dosa dari perbuatan tersebut. Hanya Allah-lah yang Maha Pemberi Taufik.

Sekian dan semoga menjadi pembelajaran, Wassalamu Alaikum WR WB….
Terima Kasih Sudah Membaca: Cara Berziarah Ke Masjid Nabawi

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 20:11
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger