Nabi Muhammad SAW sebagai Rahmat bagi Alam Semesta

Sajadah Muslim - Nabi Muhammad saw adalah pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan pembawa berita gembira sekaligus untuk kemajuan masyarakat. Islam adalah agama yang sangat menganjurkan agar hidup penuh dengan kedamaian, oleh karena itu Islam memberi ketentuan yang jelas sekiranya terjadi pertentangan antara individu, masyarakat atau dunia secara keseluruhan. Dalam menghadapi pertentangan, Islam memberi alternatif yang tepat dan berkesan, ialah dengan cara berdamai.


Kita semua tahu bahwa Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT untuk memimpin umat manusia, beliau adalah Nabi terakhir. Nabi Muhammad SAW tidak hanya sebagai seorang Nabi atau seorang Rasul yang menyampaikan risalah dari Allah SWT. Namun beliau juga seorang Panglima perang, pejuang, dan diplomat sejati. Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah untuk menyebarkan Islam ke seluruh umat manusia, khususnya di tanah Mekkah dan Madinah senantiasa menekankan pada perdamaian, kesejahteraan, kasih sayang, dan kemajuan untuk masyarakat. ( baca juga Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad SAW dan Para Sahabat di Madinah )

Oleh karena itu Allah SWT menganugerahi kepadanya berbagai macam kelebihan sehingga menjadi figur utama bagi umatnya. Untuk itu Rasulullah selalu mengajarkan dan mendorong manusia agar meraih kesuksesan dan kemajuan di dunia dan akhirat. Untuk memperoleh keduanya harus berjalan beriringan dan seimbang. Untuk memperoleh ilmu dunia, harus menuntut ilmu setinggi-tingginya seperti dalam sabda Nabi Muhammad yang artinya : “Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina.”

Nabi Muhammad saw sebagai rahmatan lil ‘ alamin artinya beliau diutus oleh Allah SWT untuk menyebarkan rahmat-Nya dengan cara memperbaiki akhlak. Pada saat itu masyarakat rusak moralnya hingga norma-norma kesusilaannya bahkan jauh menyimpang dari ajaran Allah. Semuanya diberantas dan diperbaiki, kemudian diganti dengan akhlakul karimah yang sesuai dengan wahyu Allah SWT. Dengan demikian, masyarakat menjadi damai, rukun, bahagia, sejahtera, dan mendapat ridha Allah SWT, dalam Firman Allah SWT : “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. “(Surat Al-Anbiya : 107).

Sekian semoga bermanfaat bagi Anda !


Terima Kasih Sudah Membaca: Nabi Muhammad SAW sebagai Rahmat bagi Alam Semesta

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 19:21
 
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger