Tata Cara Shalat Sunnah Istikharah

Sajadah Muslim ~ Yang dimaksud dengan shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dikerjakan untuk memohon kepada Allah agar memberikan pilihan yang lebih baik dari dua perkara (pilihan) atau lebih untuk menghapus keraguan hati dalam memilih, agar tidak menyesal di lain hari nanti. Misalnya : Ada dua pilihan orang perempuan yang sama-sama menaruh hati kepadanya, namun masih ragu untuk menentukan mana yang lebih baik untuk menjadi pendampingnya yang benar-benar menyebabkan kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. 


Atau ada dua pilihan pekerjaan yang sama dan sekiranya mampu untuk mengerjakannya, namun masih ragu untuk menentukan pilihannya mana yang lebih baik dan menguntungkan dikemudian hari.

Hukum Shalat Istikharah

Mengenai hukum shalat istikharah adalah sunnah, sebagaimana kita ketahui bahwa selain shalat fardhu lima waktu adalah hukumnya sunnah.

Waktu Shalat Sunnah Istikharah

Mengenai waktu untuk mengerjakan shalat Istikharah adalah setiap saat ada kepentingan asalkan tidak waktu yang dilarang untuk mengerjakan shalat sunnah, baik siang maupun malam hari, namun utamanya jika dikerjakan di malam hari sebagaimana shalat Tahajjud, pada sepertiga malam yang terakhir. Dan Shalat Istikharah yang dikerjakan itu, semata-mata hanyalah minta petunjuk yang lebih kepada Allah baik berupa kemantapan hati nanti, maupun alamat baik melalui impian dalam tidur.

Cara Shalat Sunnah Istikharah

Adapun mengenai cara mengerjakan shalat sunnah Istikharah adalah sama seperti halnya mengerjakan shalat-shalat sunnah yang lain, hanya saja berbeda pada lafazd niatnya.

Lafazd Niat Shalat Sunnah Istikharah :
USHOLLI SUNNATAL ISTIKHARAH ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBARU. Artinya : “Saya berniat shalat sunnah Istikharah dua rakaat, karena Allah Ta’ala. Allaahu Akbar”.

Bilangan Rakaat Shalat Sunnah Istikharah :
Bilangan rakaat shalat Istikharah itu, cukup dua rakaat saja.

Baca juga : 

Anjuran Shalat Sunnah Istikharah

Rasulullah SAW bersabda : “Tidak akan menyesal orang yang (suka) mengerjakan shalat istikharah dan tidak akan kecewa orang yang (suka) bermusyawarah serta tidak akan kekurangan orang yang (suka) berhemat”.

Demikianlah hadist di atas memberikan pengertian pada kita, bahwa shalat istikharah sangat dianjurkan untuk mengerjakannya, untuk mohon petunjuk, kepada Allah dalam menghadapi sesuatu perkara yang meragukan baik atau buruknya perkara tersebut.

Doa Setelah Shalat Sunnah Istikharah

Setelah mengerjakan shalat Istikharah sebaiknya perbanyaklah memuji kepada Allah dan membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat Beliau. Kemudian berdoalah sebagaimana doa yang sering dibaca oleh Rasulullah SAW :

ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI ‘ILMIA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS’ALUKA MIN FADL’LIKAL ‘ADHIIMI FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’ALAMU WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUBI. ALLAAHUMMA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WA ‘MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FAQDIRHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIK LII FIIHI. WA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZA. AL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FASHRIFHU ‘ANNII FASHRIFNII ‘ANHU WAQDIR LIYAL KHOIROHAITSU KAANA TSUMMARDLINII BIHI.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya saya mohon kepada-Mu (agar) memilihkan mana yang baik menurut pengetahuan-Mu dan saya mohon kepada-Mu untuk memberi ketentuan dengan kekuasaan-Mu, dan saya mohon anugerah-Mu yang Agung, karena sesungguhnya Engkau (adalah) Maha Kuasa sedangkan saya tidak berkuasa (apa-apa) dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan saya tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui akan barang yang ghain. Ya Allah, apabila Engkau ketahui bahwa perkara ini (sebelum nama perkara yang anda hadapi) baik bagiku, dalam agamaku, penghidupanku dan baik akibatnya, maka tetapkanlah perkara itu untukku dan mudahkanlah bagiku, kemudian berilah keberkahan bagiku. Dan apabila Engkau ketahui, bahwa sesungguhnya perkara ini buruk bagiku, maka jauhkanlah dariku, dan jauhkanlah aku dari padanya, dan tetapkanlah yang baik untukku dimana saja berada, lalu jadikanlah saya ridho dengannya”.

Baca juga : Doa Dalam Islam
Terima Kasih Sudah Membaca: Tata Cara Shalat Sunnah Istikharah

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 22:11
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger