Cara Mengatasi Masalah Sosial

Sajadah Muslim ~ Masalah sosial merupakan suatu permasalahan yang tidak ada habis-habisnya yang sering terjadi di lingkungan masyarakat baik itu masyarakat kalangan bawah hingga atas. Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. 


Yang menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, tokoh adat (daerah), pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya. Berikut Cara Mengatasi Masalah Sosial Yang Sering Terjadi Di Lingkungan Masyarakat :

Kemiskinan

Kemiskinan terjadi karena tak adanya kesetaraan ekonomi dalam lingkungan masyarakat tersebut, Si Kaya selalu menindas Si Miskin. Kemiskinan juga adalah suatu masalah sosial yang harus segera dituntaskan dan dicari solusinya dengan berbagai cara. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari peningkatan aspek pendidikan, hukum, keluarga, dan lingkungan.
Baca : Akhlak Terpuji Dalam Islam

Kasus Pencurian

Pencurian selalu identik dengan kemiskinan, dimana si pencuri mencari nafkah dengan tidak halal untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Cara mengatasi aksi pencurian yaitu dengan adanya peran pemerintah dalam menanggulangi hal tersebut seperti melakukan pembinaan terhadap para napi yang telah terbukti bersalah melakukan aksi pencurian agar tidak terjadi pengulangan aksi pencurian dengan orang yang sama. Pembinaan dengan mengajarkan mereka akan ilmu Agama dan pengetahuan akan adanya hari pembalasan kelak (kiamat).
Baca : Akhlak Tercela Dalam Islam

Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas identik dengan aksi pemakaian obat-obatan terlarang (narkoba), seks bebas, Mabuk-mabukan yang terjadi di kalangan anak muda jaman sekarang. Pergaulan bebas dapat diatasi dengan adanya peran orang tua dalam mendidik atau mengajarkan anaknya atau keluarganya yang telah kelewat batas dalam pergaulannya. Ilmu agama adalah jalan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.
Baca : Akhlak Islami Hiasan Indah Dalam Sebuah Kehidupan

Anak Jalanan

Tidak akan ada lagi anak-anak yang berkeliaran di jalanan jika pemerintah bertanggung jawab memelihara anak-anak tersebut. Seperti dalam peraturan yang telah ditetapkan pemerintah bahwa anak-anak jalanan (anak telantar) dipelihara oleh Negara.
Baca : Perilaku Yang Mencerminkan Cinta Terhadap Al Quran

Membuang Sampah Sembarangan

Masalah ini merupakan masalah yang begitu kecil jika dari diri kita sendiri ada kesadaran bahwa membuang sampah sembarangan adalah masalah yang serius jika dilakukan karena apabila sampah sudah menumpuk di kali atau di sungai dapat menimbulkan banjir. Seperti kita melihat Kota Jakarta tiap tahunnya jika datang musim hujan selalu banjir karena akibat masyarakatnya selalu membuang sampah di bantaran sungai.
Baca : Hakekat Cinta Kepada Allah SWT

Munculnya Aliran Sesat Di Lingkungan Masyarakat

Munculnya aliran sesat di negeri ini telah membuat keamanan masyarakat terganggu, khususnya yang beragama Islam. Misalnya, Membiarkan aliran sesat tetap tersebar dapat mengakibatkan keimanan masyarakat jadi goyang. Selain itu, aliran sesat termasuk pada penodaan terhadap agama dikarenakan mereka para tokoh aliran sesat membolak-balikkan ajaran agama yang telah benar dengan sesuka hati dan hawa nafsu. Contohnya kasus Ahmadiyah.
Baca : Ramaikan Masjid Dengan Shalat Berjamaah

Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual adalah kekerasan yang terjadi karena adanya persoalan seksualitas.  Ibarat awan dan hujan, demikianlah hubungan antar seks dan kekerasan. Di mana terdapat seks maka kekerasan hampir selalu dilahirkan. Termasuk dalam kekerasan seksual adalah perkosaan, pelecehan seksual (penghinaan dan perendahan terhadap lawan jenis), penjualan anak perempuan untuk prostitusi, dan kekerasan oleh pasangan. Contohnya Kasus yang baru terjadi yaitu kasus Jakarta International School (JIS) dimana para gurunya melakukan aksi biadab tidak terpuji dengan melakukan kekerasan seksual terhadap anak didiknya di sekolah.
Baca : Adab Makan Dan Minum Dalam Islam

Perselingkuhan

Perselingkuhan terjadi karena adanya ketidak harmonisan atau ketidakpercayaan dalam berumah tangga dalam keluarga. Mulai dari isu adanya orang ketiga, adanya isu ketidakpuasan dalam melakukan hubungan suami istri hingga ketidakhadirannya buah hati yang didambakan. Cara mengatasi hal ini dengan melakukan pengobatan medis dan pengobatan spiritual, dengan bertawakal dan bermunajat terhadap Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan jalan keluar dengan apa yang telah terjadi.
Terima Kasih Sudah Membaca: Cara Mengatasi Masalah Sosial

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 23:41
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger