Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

SIFAT DENDAM DAN MUNAFIK

Sajadah Muslim - Umat Islam adalah umat yang terbaik sebagaimana Firman Allah SWT dalam Surat Ali Imran ayat 110 : “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang maruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik”. (QS. Ali Imran : 110).

Oleh karena yang menjadi panutannya pun adalah orang yang paling mulia akhlaknya, Rasulullah SAW. Maka dari itu Allah SWT dan Rasul-Nya memerintahkan pada seluruh umat Islam untuk menghiasi diri dengan akhlak-akhlak terpuji. Untuk memiliki akhlak terpuji  maka kita perlu tahu akhlak-akhlak tercela yang bertentangan dengan akhlak terpuji. Di antaranya dendam dan munafik.

Sifat Dendam

Secara bahasa, dendam adalah perasaan jengkel yang menimbulkan keinginan keras untuk membalas perbuatan dengan suatu kejahatan. Orang yang ingin melakukan pembalasan disebut dengan pendendam. Sifat dendam timbul karena marah, dihina, dan dicaci secara berlebihan, atau diremehkan secara berlebihan. Perilaku dendam akan menimbulkan pertikaian  dan permusuhan yang berkepanjangan. Allah SWT dan Rasul-Nya SAW sangat benci orang-orang yang berperilaku dendam. Allah SWT menganjurkan untuk saling memaafkan dalam bergaul sesama. Allah berfirman dalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 133-134 : “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan  untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”. (QS. Ali Imran : 133-134).
 
Perilaku dendam akan merugikan diri sendiri atau orang lain, selain dibenci oleh masyarakat, hal ini juga sangat dibenci Allah dan Rasul-Nya. Sabda Nabi SAW : “Orang yang paling dibenci Allah adalah orang yang menaruh  dendam”. (HR. Bukhari).

Cara Menghindari Perilaku Dendam

  1. Selalu mengingat kepada Allah SWT kapan pun dan di mana pun kita berada
  2. Mudah memaafkan orang lain
  3. Menyadari bahwa sesama Muslim adalah saudara
  4. Hormat-menghormati sesama manusia
  5. Menyadari bahwa manusia adalah makhluk social yang membutuhkan orang lain

Ciri-Ciri Orang Yang Pendendam

  1. Tidak senang melihat kebahagiaan orang lain
  2. Berusaha keras membalas kesalahan orang lain
  3. Senang membicarakan kejelekan orang lain
  4. Susah memaafkan kesalahan orang lain

Akibat Perilaku Dendam

Perilaku dendam akan berakibat buruk terhadap pelakunya, berikut akibat perilaku dendam :
  1. Dendam dapat merusak tali persaudaraan
  2. Pelakunya dikucilkan masyarakat
  3. Pelakunya tidak disenangi masyarakat
  4. Tidak memiliki banyak teman
  5. Mendapat ancaman dan siksa di akhirat (Hari kiamat)

Sifat Munafik

Secara bahasa, munafik adalah bermuka dua, adapun secara istilah, munafik adalah pura-pura baik dan setia terhadap agama akan tetapi hatinya mengingkari atau mengatakan yang tidak sesuai dengan perbuatannya. Perbuatan orang munafik sehari-hari seperti orang yang menjalankan ajaran Islam, tetapi hati mereka tidak. Orang-orang yang berperilaku tidak percaya dengan rukun iman dan rukun Islam. Perbuatan munafik sangat berbahaya untuk diri sendiri atau pun untuk orang lain. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Al-Anfal ayat 27 : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui”. (QS. Al-Anfal : 27). Sabda Nabi Muhammad SAW : “Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga (3), apabila berkata dusta, apabila berjanji mengingkari, dan apabila diberi kepercayaan berkhianat”.

Ciri-Ciri Orang Munafik

  1. Perkataannya selalu dusta
  2. Selalu mengingkari janjinya
  3. Ketika dipercaya berkhianat
  4. Ketika berselisih dia selalu curang

Menghindari Perilaku Munafik

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT
  2. Mengingat bahwa perilaku munafik adalah perbuatan berbahaya, baik di dunia maupun di akhirat
  3. Mengingat bahwa perilaku munafik adalah dosa besar yang akan mendapat azab yang pedih dari Allah SWT di akhirat kelak
  4. Senantiasa menepati janji yang diucapkan
  5. Memegang teguh amanah yang dipercayakan
  6. Membiasakan diri berkata jujur kepada siapa pun dan di mana pun
  7. Banyak mengetahui kegiatan-kegiatan positif seperti kajian-kajian Islami atau kegiatan membaca buku-buku Islam

Akibat Perilaku Munafik

  1. Mendapat siksa pedih dari Allah SWT, hal ini sesuai dengan Allah SWT dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 138 : “Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksa yang pedih”. (QS. An-Nisa : 138). Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 145 : “Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka, dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka”. (QS. An-Nisa : 145).
  2. Merugi baik di dunia ataupun di akhirat
  3. Dijauhi banyak orang atau masyarakat
  4. Sulit mendapat kepercayaan dari orang lain
Sekian semoga bermanfaat !!!
Baca Juga :
Labels: Pendidikan Islam

Thanks for reading SIFAT DENDAM DAN MUNAFIK. Please share...!

0 Comment for "SIFAT DENDAM DAN MUNAFIK"

Back To Top