Tempat Utama Dalam Ibadah Haji

Sajadah Muslim ~ Assalamu Alaikum wr wb. Ibadah Haji adalah berkunjung ke Baitullah (Ka’bah) untuk melakukan beberapa amalan antara lain Wukuf, Tawaf, dan amalan lainnya pada masa tertentu, demi memenuhi panggilan Allah SWT dan mengharapkan ridha-Nya. Dalam pelaksanaannya ada beberapa tempat yang dikhususkan untuk pelaksaan ibadah haji tersebut. Berikut Tempat Utama Dalam Ibadah Haji :

Mekkah Al-Mukarramah

Mekkah merupakan sebuah kota utama di Arab Saudi. Kota ini menjadi tujuan utama kaum muslimin dalam menunaikan ibadah haji, dimana pada kota ini terdapat sebuah bangunan utama yang bernama Masjidil Haram dengan Ka’bah di dalamnya. Dan bangunan Ka’bah ini menjadi patokan arah kiblat untuk ibadah shalat Umat Islam di seluruh dunia. Dan pada kota suci umat Islam ini merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW dan sebagai tempat turunnya Al-Quran pertama kali.

Arafah

Arafah adalah daerah terbuka dan luas di sebelah timur luar kota suci umat Islam di Mekkah, Arab Saudi. Di Padang yang luas ini, pada satu hari (siang hari) tanggal 9 Dzulhijjah pada penanggalan Hijriah berkumpullah lebih dari dua juta umat Islam dari berbagai pelosok dunia untuk melaksanakan inti ibadah haji, yaitu ibadah wukuf. Wukuf di padang Arafah merupakan puncak ibadah haji. Pada tanggal 8 Dzulhijjah semua jamaah bergegas menuju padang Arafah bagaikan penghuni bangkit dari kubur menuju padang Masyhar saat sangkakala dikumandangkan oleh Malaikat Israfil.

Muzdalifah

Muzdalifah adalah salah satu nama tanah suci yang berada di Mekkah Al-Mukarramah, yang diambil dari kata al-zulfah artinya dekat. Jadi, seorang hamba mendekat atau taqorrub kepada Allah SWT di tempat itu dinamakan juga dengan sebutan jam’an, artinya berkumpulnya manusia ditempat itu atau dijama’nya shalat maghrib dan isya di tempat itu. Dikenal juga dengan Masy’aril haram, nama gunung yang berada disana yaitu gunung quzah. Muzdalifah terletak di antara Arafah dan lembah (wadi) muhassir (suatu lembah yang memisahkan antara Muzdalifah dan Mina), keseluruhan Muzdalifah adalah tempat mabit atau wukuf kecuali wadi muhassir.

Mina

Mina adalah sebuah hamparan padang pasir yang panjangnya sekitar 3,5 km, terletak di kawasan berbukit-bukit antara kota Mekkah dan Muzdalifah. Saat ini dengan adanya pertumbuhan penduduk dan perluasan kota, kedua kota Mina dan Mekkah sudah bersambung. Mina oleh orang-orang Arab disebut dengan nama Muna, yang berarti pengharapan. Menurut riwayat, di Mina inilah hati Nabi Adam dibisiki bahwa dia akan memperoleh harapan, setelah 200 tahun berpisah, akan bertemu dengan istrinya Hawa. Dan dengan izin Allah, Adam beberapa hari kemudian memang benar-benar bertemu dengan Hawa yaitu di Jabal Rahmah, sebuah bukit kecil di padang Arafah. Kota Mina merupakan tempat berdirinya tugu (jumrah), yaitu tempat pelaksanaan melontarkan batu ke tugu (jumrah) sebagai simbolisasi tindakan Nabi Ibrahim ketika mengusir setan. Disana terdapat tiga jumrah yaitu jumrah aqabah, jumrah ula, jumrah wustha.

Madinah Al-Munawwarah

Madinah atau Madinah Al-Munawwarah dikenal juga Madinah Rasul Allah atau Madinah an-Nabi. Madinah adalah kota utama di Arab Saudi yang merupakan kota yang ramai diziarahi atau dikunjungi oleh kaum Muslimin. Di sana terdapat Masjid Nabawi yang memiliki pahala dan keutamaan bagi kaum Muslimin. Bagi umat Islam, kota ini dianggap sebagai kota suci kedua setelah Mekkah. Pada zaman Nabi Muhammad SAW, kota ini menjadi pusat dakwah, pengajaran, dan pemerintahan Islam. Dari kota ini Islam menyebar ke seluruh jazirah Arabia lalu ke seluruh dunia.

Sekian dan Semoga ada manfaatnya, Wassalamu Alaikum wr wb.
Terima Kasih Sudah Membaca: Tempat Utama Dalam Ibadah Haji

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 22:30
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger