KEWAJIBAN ANDA PADA BULAN RAMADHAN

Sajadah Muslim ~ Ketahuilah wahai saudaraku seagama, bahwa Allah mewajibkan kita untuk berpuasa sebagai bentuk penghambaan diri kepada-Nya. Agar puasamu diterima oleh Allah dan bermanfaat, maka kerjakanlah hal – hal sebagai berikut ini :

Jagalah shalatmu karena banyak orang yang berpuasa, tetapi mereka meremehkan shalat, padahal shalat adalah tiang agama.

Berakhlaklah yang baik, jauhilah kekufuran, mencela agama dan berperangai buruk dengan sesama manusia, karena puasa  melatih diri, jiwa dan memperbaiki moral, sedang kekufuran menyebabkan kemurtadan.

Janganlah berbicara yang tidak baik, meskipun bergurau karena dapat menghapuskan puasamu, dan dengarlah sabda Rasulullah : “Jika salah seorang di antara kamu berpuasa, maka hendaknya ia jangan berbuat keji atau bersuara gaduh pada waktu itu. Jika dicaci atau ditantang berkelahi, maka hendaknya ia berkata, “Aku sedang berpuasa.” ( Muttafaq Alaih ).


Ambillah manfaat dari puasamu untuk meninggalkan rokok yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit paru-paru. Dan usahakanlah agar engkau mempunyai kemauan kuat untuk meninggalkannya pada waktu berbuka sebagaimana engkau tinggalkan pada waktu siangnya, sehingga engkau dapat menghemat kesehatan dan harta benda.

Jangan berlebih-lebihan makanan ketika berbuka, sehinga hilang faedah dari puasa, dan merusak kesehatanmu.

Jangan engkau pergi ke bioskop atau menonton TV / Video agar engkau terhindar dari hal-hal yang akan merusak akhlak dan bertentangan dengan puasa.

Janganlah engkau banyak begadang di malam hari, sehinga engkau tertidur dan akhirnya tidak  dapat bangun sahur dan shalat fajar, dan hendaklah engkau bekerja di pagi hari, sebagaimana sabda Rasulullah : “Ya Allah berikanlah kepada umatku keberkahan di pagi hari mereka.” (hadits shahih riwayat Ahmad dan Tirmidzi).

Perbanyaklah sedekah pada sanak saudara, kerabat dan orang yang membutuhkan, kunjungilah sanak saudara, kerabat, dan selesaikanlah pertikaian di antara kamu.

Baca juga :
Perbanyaklah zikir kepada Allah, membaca Al-Qur’an dan mendengarkannya, menghayati maknanya, dan laksanakan perintah-perintah-Nya, pergi ke masjid untuk mendengarkan pelajaran-pelajaran atau ceramah-ceramah yang bermanfaat dan beri’tikaf di masjid pada bulan suci Ramadhan yang merupakan untuk perbuatan sunnah.

Bacalah buku-buku dan bulletin tentang puasa dan ha-hal yang untuk mengetahui hokum-hukumnya, sehingga engkau tahu bahwa makan dan minum karena lupa tidak membatalkan puasa, bahwa janabat pada waktu malam tidak menghalangi puasa, meskipun tetap wajib mandi untuk bersuci dan shalat.

Jagalah puasa suci Ramadhan, biasakan  anak-anakmu berpuasa ketika mereka mampu, dan hindarilah berbuka tanpa uzur, maka barangsiapa yang membatalkan puasa dengan sengaja. Ia harus menggantinya di hari lain dan bertaubat. Dan barangsiapa menggauli istrinya disiang hari disaat puasa, maka harus membayar kaffarat.

Waspadalah wahai saudaraku seagama, dalam berbuka pada bulan suci Ramadhan. Jangan berbuka terang-terangan di depan orang karena terang- terangan berbuka merupakan keberanian  di depan Alah, mempermudah Islam dan tidak mempunyai malu kepada orang lain. Ketahuilah bahwa orang yang tidak berpuasa, maka ia tidak berhari raya. Karena hari raya merupakan kegembiaraan yang luar biasa dengan sempurnanya puasa dan diterimanya ibadah kita.  Semoga bermanfaat !!

Referensi : Berbagai Sumber
Terima Kasih Sudah Membaca: KEWAJIBAN ANDA PADA BULAN RAMADHAN

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 03:36
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger