Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Beberapa Hadist Nabi Berbicara Tentang Orang Islam

Sajadah Muslim ~ Rasulullah bersabda : “Orang muslim yang sejati adalah orang yang dimana orang-orang Islam lainnya selamat dari gangguan lisan dan tangannya.” ( H.R. Bukhari dan Muslim ).
Sabda Rasululullah pula : “Mencari orang Islam adalah kefasikan dan membunuhnya adalah kekafiran.”  ( H.R. Bukhari )

Sabda  Nabi  pula : “Tutuplah pahamu, karena sesungguhnya paha seorang laki-laki termasuk auratnya.” ( Hadits shahih riwayat Ahmad )

Tertera dalam hadits yang lain : “Bukan orang mukmin yang sempurna, yang suka mencemarkan kehormatan,  mengutuk, buruk akhlak dan yang berbicara kotor.” ( H.R. Muslim ).

Termaktup dalam hadits yang lain : “Barang siapa mengangkat senjata untuk memerangi kami, maka ia bukan termasuk golongan kami.” ( H.R. Muslim ).


“Barang siapa berbuat curang, maka ia bukan termasuk golongan kami.” ( H.R. Tirmidzi ).

Terdapat pada hadits yang lain : “Barang siapa terhalangi dari kelemah-lembutan, maka ia tertutup dari segala kebaikan.” ( H.R. Muslim ).

Hadits berikutnya : “Barang siapa yang senang jika manusia berdiri untuk menghormatinya, maka hendaklah ia memesan tempat duduknya di neraka.” (H.R. Ahmad)

Hadits  berikutnya : “Rasulullah, mengutuk orang-orang yang memberi dan menerima suap.” ( H.R. Tirmidzi ).

Hadits berikutnya : “Kain yang lebih rendah (melebihi) mata kaki berada dalam neraka.” ( H.R. Bukhari ).

Hadits berikutnya : “Apabila seseorang berkata kepada saudaranya, “Ya kafir”, maka kata-kata itu teralisasi pada salah satu diantara keduanya.” (H.R.Bukhari)

Hadits berikutnya : “Janganlah kamu berkata kepada orang munafik “Sayyiduna” (tuankami), karena apabila ia ternyata menjadi tuan bagimu, maka kamu berarti telah membuat murka Tuhanmu.” (H.R. Ahmad)

Hadits berikutnya : “Masih ada sekelompok  dari umatku yang selalu tegak dalam kebenaran. Tidak membahayakan mereka orang-orang yang menghinakan mereka sehingga datang keputusan Allah (hari kiamat).” (H.R. Muslim).

Sumber : Bimbingan Islam
Labels: Hadits Nabi, Pendidikan Islam, Seputar-Islam

Thanks for reading Beberapa Hadist Nabi Berbicara Tentang Orang Islam. Please share...!

0 Comment for "Beberapa Hadist Nabi Berbicara Tentang Orang Islam"

Back To Top