Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

SHALAT ISTISQA (MEMINTA HUJAN)

Sajadah Muslim ~ Rasulullah saw keluar ke rumah (lapangan) untuk shalat istisqa, maka beliau berdo’a dan meminta hujan, kemudian menghadap ke kiblat dan shalat dua raka’at, beliau memutar (membalik) selendangnya dan menjadikan yang di sebelah kanan berada di sebelah kiri.” ( H.R. Bukhari ).

Diriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata : Bahwasanya Umar bin Khattab apabila mendapati manusia tertimpa kemarau panjang, maka ia memohon turun hujan melalui (do’a) Abbas. Kata Umar.
Ya Allah, bahwa kami dahulu bertawassul dengan (do’a) Nabi-Mu kepada-Mu, maka sekarang kami bertawassul dengan (do’a) paman Nabi-Mu maka curahkanlah hujan untuk kami.” Mereka pun mendapat curahan hujan. ( H.R. Bukhari ).

Hadits ini menunjukkan bahwa kaum muslimin pada saat hidupnya Rasulullah bertawassul dengan beliau, memohon kepada beliau agar berdo’a meminta curahan hujan. Setelah beliau wafat, mereka tidak lagi memohon do’a kepada beliau, tetapi memohon kepada Abbas paman Nabi yang masih hidup. Maka berdirilah Abbas seraya berdo’a kepada Allah untuk kaum muslimin.


Firman Allah swt : Maka Aku katakan kepada mereka: “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai” (QS. Nuh: 10-12)

Adab Sebelum Shalat Istisqa

  • Memperbanyak  istighfar dan taubat di hari-hari sebelumnya
  • Menghindari perbuatan zalim dan mengembalikan hak-hak orang yang terzalimi
  • Didahului dengan berpuasa tiga hari
  • Hari pelaksanaannya dianjurkan berpuasa.
  • Memperbanyak sedekah
  • Sebelum pelaksanaan, disunnahkan melakukan thaharah seperti, mandi, bersiwak, menjauhkan perhiasan dan wangi-wangian, memakai baju yang sederhana.
  • Berangkat ke tempat dalam keadaan tawadhu, khusyu’, berharap pada Allah.
Sumber : Panduan Dalam Shalat
Labels: Shalat

Thanks for reading SHALAT ISTISQA (MEMINTA HUJAN). Please share...!

0 Comment for "SHALAT ISTISQA (MEMINTA HUJAN)"

Back To Top