Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Adab Dan Tata Krama Di Masjid Nabawi

Sajadah Muslim ~ Jika engkau memasuki masjid nabawi, maka dahulukan kaki kananmu dan ucapkan : “Ya Tuhan-Ku berilah shalawat kepada Nabi Muhammad. Ya Allah bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Lakukanlah shalat tahiyatul Masjid dua raka’at dan ucapkanalah salam kepada Rasulullah sambil mengatakan : “Salam keselamatan atasmu ya Rasulullah, salam keselamatanatasmu ya Abu Bakar, salam keselamatan atasmu wahai Umar.”


Kemudian hadapkan wajahmu ke kiblat ketika berdo’a dan ingatlah sabda Rasulullah : “Jika kamu meminta sesuatu mintalah kepada Allah, dan jika kamu memohon pertolongan mohonlah  kepada Allah.” ( Hadits Hasan shahih, riwayat  Tirmidzi ).  
 
Menziarahi Masjid Nabawi dan menyampaikan salam kepada Rasulullah, adalah tidak pula dibatasi pada waktu tertentu.

Jangan engkau menyentuh atau mencium pagar kuburan beliau atau dinding atau yang  lain karena itu diharamkan.

Berjalan mundur ketika meninggalkan Masjid Nabawi adalah bid’ah, tidak ada dalil yang menjadi dasar pijakannya.

Baca juga :
Perbanyaklah mengucapkan shalawat kepada Rasulullah, karena beliau bersabda : “Barang siapa yang bershalawat kepada-Ku sekali, maka Allah akan  memberikan rahmat kepada-Nya sepuluh kali.” ( H.R. Muslim )

Dianjurkan ziarah ke kuburan Baqi dan para syuhada Uhud, bukan ke Masjid Sab’ah (masjid tujuh).

Bepergian ke Madinah hendaknya dengan niat ziarah Masjid Nabawi dan mengucapkan salam kepada Nabi ketika masuk, karena shalat di Masjid Nabi lebih utama dari seribu shalat di masjid  yang lain.

Selanjutnya pergilah ke Masjid Quba untuk meraih pahala seperti yang disabdakan oleh Nabi : “Barang siapa yang bersuci dari rumahnya, kemudian datang ke Masjid Quba, dia tidak menginginkan di sana melainkan shalat, maka baginya pahala umrah dengan sempurna.” ( Hadits shahih riwayat Ahmad ).

Sumber : Bimbingan Islam
Labels: Haji Umrah

Thanks for reading Adab Dan Tata Krama Di Masjid Nabawi. Please share...!

0 Comment for "Adab Dan Tata Krama Di Masjid Nabawi"

Back To Top