Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Sajadah Muslim ~ Secara umum, seorang muslim harus meyakini bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitab kepada para nabi dan rasul-Nya dengan tujuan untuk menjelaskan kebenaran.

Allah berfirman : “Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan itu” (QS. Al Hadid : 25)


Firman Allah, yang artinya : “Dahulu manusia itu adalah umat yang satu, (setelah timbul perselisihan) maka Allah mengutus para nabi sebagai pemberi kabar gembira dan peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka kitab yang benar untuk member keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan” (QS. Al Baqarah : 213)

Selanjutnya, secara khusus seorang muslim harus meyakini kitab-kitab yang nama-namanya telah diberikan Allah kepada manusia, seperti Taurat, Injil, Zabur, dan Al Quran.

Kitab Al Quran adalah kitab yang paling utama di antara kitab-kitab lainnya. Al Quran merupakan penutup, pemelihara, dan pembenaran terhadap kitab-kitab lainnya. Al Quran itulah yang harus diikuti oleh seluruh umat manusia di dunia ini. 

Allah menurunkan Al Quran kepada Muhammad Rasulullah untuk dijadikan sumber hukum bagi seluruh manusia, di samping sebagai penyejuk dan penyembuh hati, sebagai penerang atas segala masalah, serta sebagai petunjuk dan rahmat untuk semesta alam. Allah berfirman, “Dan ini (Al Quran) adalah kitab yang telah Kami turunkan, yang diberkahi, maka ikutilah dia, dan bertakwalah agar kamu sekalian mendapat rahmat dari Allah” (QS. Al An’am : 155)

Firman Allah, yang artinya : “……Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri” (Al Nahl : 89)

“Katakanlah (Muhammad) : ‘Wahai manusia, sesunguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu sekalian, yaitu Allah yang memiliki kerajaan langit dan bumi, tiada Ilah selain Dia, yang menghidupkan dan mematikan. Oleh karena itu, berimanlah kepada Allah dan utusan-Nya, seorang Nabi yang ummi, yang beriman kepada Allah dan firman-firman-Nya, maka ikutilah Dia agar kamu mendapat petunjuk” (QS. Al Araf : 158)

Sumber : Menjaga Tauhid
Terima Kasih Sudah Membaca: Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 21:59
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger