1001 Keutamaan Sedekah

Sedekah Memiliki Pahala Besar Dan Berlipat Ganda

"Sesungguhnya Allah menerima sedekah, mengambilnya dengan tangan kanan-Nya, lalu mengembangkannya untuk diberikan kepada salah seorang dari kalian, sebagaimana salah serang dari kalian mengembangkan anak kudanya. Bahkan satu suap bisa menjadi seperti gunung Uhud". (HR. At-Tirmidzi)

"Tidaklah salah seorang dari kalian yang bersedekah dengan sesuatu yang baik, dan Allah hanya menerima sesuatu yang baik, melainkan Ar Rahman akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya, meski hanya sebiji kurma. Lalu dikembangkan di telapak tangan Ar Rahman hingga menjadi lebih besar dari sebuah gunung, sebagaimana salah seorang dari kalian yang memelihara al fuluw (anak kuda yang telah disapih) atau al fashil (anak unta yang telah disapih)". (HR. Muslim)

Sedekah Adalah Amalan Yang Amat Dicintai Allah

"Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling gemar bersedekah dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah engkau memberikan rasa gembira kepada orang mukmin, meringankan bebannya, membayar hutangnya atau menghilangkan kelaparannya". (Shahih Al-Jami'us shaghir juz I no. 176).

"Di antara kalian amalan yang paling utama adalah memberikan rasa gembira kepada orang mukmin, membayar hutangnya, memenuhi kebutuhannya dan meringankan bebannya". (Shahih Al Jami'us shaghir 22/335)

"Amalan yang paling utama adalah memberikan rasa gembira kepada orang mukmin, memberinya pakaian untuk menutup aurat, membayar hutang-hutangnya, memberi makan ketika kelaparan, dan memenuhi kebutuhannya". (Shahih At-Targhib wat-Tarhib 2/232)

Sedekah Menjadikan Seseorang Berkedudukan Tinggi Di Dunia Dan Akhirat

"Dunia diperuntukkan bagi empat golongan, yakni seorang hamba yang dikaruniai harta dan ilmu, sedangkan ia bertakwa kepada Rabbnya, dengan ilmu dan hartanya tersebut ia menyambung tali silaturahim dan menunaikan hak-haknya. Maka orang ini menempati kedudukan yang paling tinggi...." (HR. At-Tirmidzi)

Sedekah Menghindarkan Pelakunya Dari Bencana Dan Musibah

"Orang yang berbuat kebaikan dapat menyelamatkan diri dari keburukan, mara bahaya dan kebinasaan" (Shahih Al-Jami'us Shaghir 7/300 hadist no. 3795)

"Orang yang berbuat kebaikan dapat menjaga diri dari keburukan" (shahih Al-Jami'us Shaghir 7/300 hadist no. 3760)

"Sedekah mampu menutup tujuh puluh pintu keburukan" (Al-Mu'jamul Kabir Karya Ath-Thabrani no. 4402)

Sedekah Menjaga Pelakunya Dari Berbagai Bencana Dan Penyakit

"Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah" (Shahih Al-Jami'us Shaghir 1/634 hadist no. 3358)

Sedekah Dapat Memadamkan Kesalahan Dan Menghapus Dosa

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan" (QS. Ali Imran : 133-134)

Sedekah Merupakan Jalan Masuk Surga Dan Menjaga Dari Azab

"Barangsiapa yang mampu menghindar dari neraka meski hanya dengan separuh biji kurma, maka hendakilah ia melakukannya" (HR. Muslim)

"Wahai kaum wanita, bersedekahlah! Sebab aku melihat mayoritas penghuni neraka adalah dari kalangan kalian". Mereka bertanya, kenapa demikian, wahai Rasulullah? Beliau menjawab, karena kalian banyak melaknat dan mengingkari kebaikan suami" (HR. Bukhari)
Terima Kasih Sudah Membaca: 1001 Keutamaan Sedekah

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 22:05
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger