Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Pemahaman Kiamat Dalam Ajaran Islam

Sajadah Muslim ~ Alam dunia adalah salah satu fase kehidupan yang dilalui oleh manusia, suatu saat nanti dunia ini akan berakhir dan manusia berpindah kepada fase kehidupan berikutnya yaitu alam akhirat. Akhir kehidupan dunia inilah yang disebut Kiamat. Al Quran menyebut Kiamat dengan beberapa nama diantaranya. Al-Qariaah, al-Ghasyiyah, ath-Thammah, al-Waqiaah, al-Haqqah, ash-Shakhkhah, Yaumul Hisab dan Yaumud Din.

Kepastian Kiamat

Kiamat pasti tiba tanpa ragu sedikit pun, kepastian terjadinya ditetapkan oleh dalil-dalil al-Quran dalam jumlah yang besar. Diantara dalil-dalil tersebut adalah:

Firman Allah swt, "Dan sesungguhnya Hari Kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya, dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur." (Al-Hajj : 7)

Firman Allah swt, "Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan." (Al-Qamar : 1)

Dari sunnah Nabi saw diantaranya sabda beliau, "Aku diutus, sedangkan aku dan Hari Kiamat adalah seperti ini, beliau menyandingkan antara jari telunjuk dan jari tengah." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kekhususan Ilmu Allah

Meskipun Kiamat pasti terjadi akan tetapi Allah merahasiakan waktunya. Dia tidak berkenan memberitahukan kepada seorang pun, tidak kepada nabi yang diutus tidak kepada malaikat yang dekat. Jadi ilmu tentangnya mutlak di tangan Allah semata. Dalil yang menetapkan hal itu diantaranya:

Firman Allah swt, "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, Bilakah terjadinya? Katakanlah, sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepada melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, Sesungguhnya pengetahuan tentang Hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS. al-A'raf : 187)

Firmah Allah swt, "Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat." (QS. Luqman : 34)

Firman Allah swt, "Manusia bertanya kepadamu tentang Hari Berbangkit. Katakanlah, Sesungguhnya pengetahuan tentang Hari Berbangkit itu hanya di sisi Allah. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi Hari Berbangkit itu sudah dekat waktunya." (QS. al-Ahzab : 63)

Dalam Shahih al-Bukhari dan Muslim ketika Jibril datang kepada Nabi saw bertanya tentang kapan Kiamat, Nabi saw menjawab, Yang ditanya tentang Hari Kiamat tidak lebih mengetahui dari yang bertanya.  (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Oleh Dr. Sukring, M.Pd.I
 
Labels: Pendidikan Islam, Seputar-Islam

Thanks for reading Pemahaman Kiamat Dalam Ajaran Islam. Please share...!

0 Comment for "Pemahaman Kiamat Dalam Ajaran Islam"

Back To Top