Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Berdoa Dengan Ayat-Ayat Pilihan

Surat Al-Fatihah ayat 1-7

Bismillahir rahmaani ar-rahim, Alhamdullilahi rabbil'aalamiin, Arrahmanirrahim, Maaliki yaumid-diin, Iyyaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin, Ihdinash shiraathal mustaqiim, Shiraathalladziina an'amta 'alaihim ghairil maghdhuubi 'alaihim wa  laddhaaliin.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam, Yang menguasai Hari Pembalasan, Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan, Tunjukilah kami jalan yang lurus, Yaitu jalan orang – orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Surat Al-Baqarah ayat 1-5

Alif Laam Miim. Dzaalikal kitaabu laa raiba fiihi hudal lil muttaqiin, Alladziina yu'minuuna bilghaibi wa yuqiimuunash shalata wa mimmaa razaqnaahum yunfiquun, Walladziina yu'minuua bimaa unzila ilaika wamaa unzila min qablika wa bil aakhirati yuuqinuun, Ulaa'ika'alaa hudan mir-rabbihim wa ulaa'ika humul muflihuun.

Artinya : “Allif Laam Miin. Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, Yaitu mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang  kami anugerahkan kepada mereka, Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Qur'an) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat, Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka dan merekalah  orang-orang  yang beruntung.”

Surat Al-Baqarah ayat 163-164

Wa ilaahukum ilaahuw waahidul laa ilaaha illaa huwa ar-rahmaanur-rahiim. Inna fil khalqis samaawaati wal ardhi wakhtilaafil laili wan nahaari walfulkil-latii tajrii fil bahri bimaa yan'fa'un naasa wamaa anzalallahu minas-samaa'i min maa'in fa ahyaa bihil ardha ba'da mautihaa wa batstsa fiihaa min kulli daabbatin wa tashri-ifir riyaahi was-sahaabil musakhkhari bainas-samaa'i wal ardhi la aayaatin liqaumiy ya'qiluun

Artinya : “Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera  yang berlayar di laut membawa apa yang berguna manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (keringnya) dan Dia sebarkan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Surat Al-Baqarah ayat 255-257

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu laa ta'khudzu sinatuw walaa naumun lahuu maa fis samaawaati wamaa fil ardhi man dzalladzii yasyfa'u 'indahu illa bi idznihi ya'lamu maa baina aidihiim wa maa khalfahum walaa yuhiithuuna bi syai'in min'ilmihii illaa bimaa sya'a wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardha walaa ya'uuduhuu  hifdzhuhumaa wa huwal'aliyyul'adziim.

Artinya: Allah tidak ada Tuhan (yang berhak) disembah melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur, kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya, kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Laa ikraaha  fid diini qad tabayyanar rusydu minal ghayyi famay-yakfur bit-thaaghuuti wa yu'min billahi faqadis tamsaka bil 'urwatil wutsqaa lan fishaama lahaa wallahu samii'un 'adziim.

Artinya : Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas jalan yang benar dari pada jalan yang  sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Tgagut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Allahu waliyyu al-ladziina aamanuu yukhrijuhum minadzdzhulumati ila an-nuuhri wal-ladziina kafaruu auliyaa'uhumut thaaghuutu yukhrijuhum minan naari iladz-dzhulumaati ulaa'ika as-haabun naari hum fiihaa khaaliduun.

Artinya :  Allah pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka  kekal di dalamnya.

Surat Al-Baqarah ayat 284-286

Lillahi maa fis-samaa'i wamaa fil ardhi wa in tubduu maa fil anfusikum au tukhfuuhu yuhaasibkum bihillahu fayaghfiru liman yasyaa'u wa yu'adzdzibu man yasyaa'u wallahu'alaa kulil-syai'in qadiir.

Artinya : Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dari menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Aamanar-rasuulu bimaa unzila ilaihi min rabbihi wal mu'minuun. Kullun aamana billahi wamalaa'ikatihi  wa kutubihi wa rusulihi laa nufarriqu baina ahadin min rusulihi wa qaaluu sami'naa wa atha'naa ghufraanaka rabbanaa wa ilaikal mashiir.

Artinya : Rasul telah beriman Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman semuanya beriman kepada Allah, malaikat -malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan) : “Kami tidak membeda-bedakan antara seorang pun (dengan yang lain)  dsri rasul-Nya; dan mereka mengatakan “Kami  dengar dan kami taat.' (Mereka berdoa): “Ampunilah dosa kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”

Laa yukallifullahu nafsun illa wus'ahaa lahaa maa kasabat wa'alaihaa maktasabat rabbanaa laa tu'aakhidznaa in nasiinaa au akhtha'naa rabbanaa wala tahmil'alainaa ishran kamaa hamaltahuu'alalladziina min qablinaa rabbanaa walaa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihi wa'fu'annaa waghfir lanaa wafhamnaa anta maulaana fanshurnaa'alal qaumil kaafiriin.

Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebaikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya (mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.

Surat Ali Imran ayat 18

Syahidallahu annahu laa ilaaha illaa huwa wal malaa'ikatu waulul'ilmi qaaimam bil qisthi laa ilaaha illa huwal'azizul hakiim.

Artinya : Allah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Surat Ali Imran ayat  26-27

Qulillahumma maalikul mulki tu'til mulka man tasyaa'u watudzillu man tasyaa'u biyadikal khairi innaka 'alaa kulli syai'in qadiir.

Artinya : Katakanlah, “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebijakan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Tuulijul laila fin nahaari wa tuulijun nahaara fil laili wa tukhrijul hayya minal mayyiti wa tuhkrijul mayyiti minal hayyi wa tarzuqu man tasyaa'u bigha  iri hisaab.

Artinya : Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas).

Surat Ali Imran ayat  190-195

Inna fil khalqis samawaati wal ardhi wakhtilaafil laili wan nahaari la aayatin li ulil albaab.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.

Alladziina yadzkurrunallahu qiyaamaw wa qu'uudaw  wa'alaa junuubihim wa yatafakkaruuna fil khalqis samawaati wal ardhi rabbanaa maa khalagta haadzaa baathilan subhannaka fuqinaa'adzaaban-naar.

Artinya : Yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkat): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Rabbanaa innaka man tudkhilin naara faqad akhzaithahu wamaa lidzdzhaalimiina min anshaar.

Artinya : Ya Tuhan kami, sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia dan tidak ada bagi orang-orang yang zhalim seorang penolong pun.

Rabbanaa innanna sami'naa munaadiyan yunaadil lil iimaani in aamanuu birabbikum fa aamanna rabbanaa faghfirlanaa dzunuubanaa wa kaffir'annaa sayyi'aatinaa wa tawaffanaa ma'al abraar.

Artinya : Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman (yaitu) “Berimanlah kamu kepada Tuhan-Mu. “Maka kami pun beriman, Ya Tuhan kami ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti.

Rabbanaa wa aatinaa maa wa'adtanaa'alaa rusulika walaa yaumal qiyaamati innaka laa tukhliful mii'aad.

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul-Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami di Hari Kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji.

Sumber : Ayat-Ayat Suci Al-Quran
 
Labels: Kumpulan-Doa

Thanks for reading Berdoa Dengan Ayat-Ayat Pilihan. Please share...!

0 Comment for "Berdoa Dengan Ayat-Ayat Pilihan"

Back To Top