Doa-Doa Orang Tua Untuk Anak

Sajadah Muslim ~ Berikut ini adalah doa-doa yang dapat dibaca oleh orang tua untuk anak-anak mereka, agar mereka mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Dan semoga doa-doa ini dapat membantu anak anda agar terdidik dengan baik di dalam pengawasan anda sehari-hari.

Doa-Doa Singkat Untuk Anak

Apabila waktu kita terbatas, kita dapat mendoakan anak-anak kita dengan doa-doa yang singkat diantaranya doa yang disebutkan dalam Al Quran, berikut ini yang juga berisi doa untuk istri :

Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yuniw-waj-‘alna lilmuttaqina imama.

Artinya : “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang yang bertakwa”. (QS. Al Furqan : 74)

Kita pun sebaiknya rutin membaca doa berikut ini yang merupakan doa Nabi Ibrahim :

Rabbij-alni muqimash-shalati wa min dzurriyyati, rabbana wa taqabbal du’a.

Artinya : “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku”. (QS. Ibrahim : 40)

Doa Mohon Perlindungan Selama Mendidik Anak

Sejak awal, sejak seorang anak masih dalam kandungan, hendaknya sang ibu memohon kepada Allah agar bayi yang dikandungnya dan bahkan keturunannya kelak senantiasa berada dalam perlindungan-Nya. Untuk itu, doa berikut ini sangat baik untuk diamalkan :

Rabbi inni nadzartu laka ma fi bathni muharraran fataqabbal minni, innaka antas-sami-ul-alim, wa inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha minasy-syaythanir-rajim.

Artinya : “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang shalih dan berkhidmat. Karena itu, terimalah (nazar) itu dariku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Dan aku memohon perlindungan untuknya dan keturunannya pada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk”. (QS. Ali Imran : 35-36)

Mohon Keselamatan Diri, anak, dan keluarga semua. Di antara doa-doa yang dapat kit abaca agar keluarga kita senantiasa diberi keselamatan, terutama dari perbuatan orang-orang jahat, adalah doa ini :

Rabbi najjini wa ahli mimma ya malun.
Artinya : “Wahai Tuhanku, selamatkan aku dan keluargaku dari apa yang mereka lakukan”. (QS. Asy-Syu’ara : 169)

Doa ini dibaca oleh Nabi Luth as agar selamat dari ancaman kaumnya yang nyata-nyata telah mendustakan Rasul-Rasul Allah.

Doa Untuk Meredakan Anak Yang Rewel

Bila anak anda rewel, terus menangis, dan sulit diatasi, bacalah ayat berikut ini :

Wallahu miw-wara ihim muhith. Bal huwa qur’anum-majid. Fi lawhim-mahfuzh.

Artinya : “Padahal Allah mengepung mereka dari belakang mereka. Bahkan yang didustakan itu ialah Al-Quran yang mulia. Yang (tersimpan) dalam Lauh Mahfuzh”.

Kemudian tiupkan pada telapak tangan anda dan usapkan pada wajahnya, serta tiupkan pada telinganya. Insya Allah anak itu tidak rewel lagi.

Doa Untuk Membantu Anak Yang Sulit Belajar

Bila ada anak yang sulit menerima pelajaran, menghafal, atau belajar sendiri, Anda bisa menolong dengan izin Allah dengan cara sebagai berikut :

Pertama, siapkanlah segelas air putih. Kedua, bacalah Basmallah 786 kali. Ketiga, setiap sekali membaca, ditiupkan pada air tersebut. Kemudian air itu diminumkan kepada anak tadi. Insya Allah ia akan mudah menerima dan menghafal pelajaran.

Doa Untuk Mengatasi Anak Yang Nakal

Bila ada anak kecil yang sangat nakal, sulit untuk dinasehati atau dibujuk, anda bisa menundukkannya dengan izin Allah dengan cara sebagai berikut : Bila anak tersebut sudah tidur malam, bacakanlah surat Al-Ikhlas sepuluh kali, lalu tiupkanlah pada telinganya. Lakukanlah cara tersebut selama 40 hari.
Terima Kasih Sudah Membaca: Doa-Doa Orang Tua Untuk Anak

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 16:50
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger