Perilaku Yang Mencerminkan Cinta Terhadap Al-Quran

Sajadah Muslim - Sesungguhnya Al-Quran adalah Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi dan teladan kita, Muhammad SAW. Karena itu setiap mukmin senantiasa mengagungkan Al-Quran dan berusaha untuk berpegang teguh dengan hukum-hukum-Nya serta membaca dan merenungkannya. Dan cukuplah Al-Quran itu sebagai petunjuk jalan kita di dunia dan sebab kemenangan kita di akhirat. 


Selain itu, Al-Quran memiliki keistimewaan dan keutamaan yang banyak sekali yang hal itu tidak dimilik oleh kitab-kitab Samawi sebelumnya. Di antara keistimewaan dan keutamaan Al-Quran adalah :

  1. Bahwasanya Al-Quran telah menghimpun ringkasan dari hukum-hukum Ilahi, dan ia datang sebagai penguat dan pembenar dari apa yang dikandung oleh kitab-kitab Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Maidah ayat 48 yang berbunyi : “Dan kami telah turunkan kepadamu Al-Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu”.
Makna membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya, yaitu bahwasanya Al-Quran itu membenarkan apa yang ada di dalam kitab-kitab tersebut dari berbagai kebenaran. Sedangkan makna sebagai saksi atasnya yaitu bahwasanya Al-Quran itu sebagai pendukung dan saksi atas diturunkannya kitab-kitab terdahulu.

  1. Bahwasanya setiap manusia wajib berpegang teguh kepada Al-Quran, karena itu setiap orang harus mngikuti petunjuk Al-Quran dan mengamalkannya. Hal itu berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya yang hanya khusus bagi kaum tertentu.
  2. Bahwasanya Allah SWT telah menjamin untuk menjaga Al-Quranul karim, karena itu belum ada tangan yang bisa mengubahnya dan tidak akan pernah ada. Allah berfiman dalam surat Al-Hijr ayat 9 yang berbunyi : “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”.
Jika kita telah mengetahui sebagian dari keistimewaan dan keutamaan Al-Quran yang tidak kita dapati pada kitab-kitab lain, lalu apa kewajiban kita terhadap Al-Quran ? Kita wajib mencintai Al-Quran, mengagungkan dan menghormati kedudukannya, sebab ia adalah Kalamullah, dan karenanya ia adalah perkataan yang paling benar dan paling utama. Kita wajib membaca dan merenungkan ayat-ayat dan surat-surat Al-Quran, juga hendaknya kita memikirkan tentang pelajaran-pelajaran Al-Quran, berita-berita, dan kisah-kisahnya. Kita wajib mengikuti hukum-hukum serta menaati perintah-perintah dan adab-adabnya. Suatu ketika Aisyah r.a ditanya tentang akhlak Nabi Muhammad SAW, maka ia menjawan : “Akhlak beliau adalah Al-Quran”. (H.R. Muslim)
Makna hadist itu adalah bahwasanya Rasulullah SAW adalah seorang pribadi yang mencerminkan realisasi nyata dari hukum-hukum Al-Quran dan syariat-syariatnya. Nabi Muhammad SAW telah mewujudkan ketaatannya secara sempurna kepada petunjuk Al-Quran, karena itu kita wajib meneladani Rasulullah SAW sebab beliau adalah teladan yang baik bagi kita ( Baca juga Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad SAW dan Para Sahabat di Mekkah ). Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 21 yang berbunyi : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.

Beriman kepada kitab-kitab memiliki pengaruh yang banyak diantaranya yaitu :
  1. Mengetahui tentang perintah Allah SWT terhadap hamba-hamba-Nya, juga kesempurnaan rahmat-Nya, di mana Ia menurunkan kepada setiap kaum sebuah kitab sebagai petunjuk bagi mereka, agar mereka bisa mencapai kebahagian dunia maupun akhirat.
  2. Mengetahui hikmah Allah SWT dalam syariat-Nya dimana Allah SWT mensyariatkan bagi setiap kaum apa yang sesuai dengan keadaan.
  3. Bersyukur kepada Allah SWT terhadap diturunkannya kitab-kitab tersebut. Sebab kitab-kitab itu adalah cahaya dan petunjuk di dunia maupun di akhirat.
Terima Kasih Sudah Membaca: Perilaku Yang Mencerminkan Cinta Terhadap Al-Quran

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 09:49
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger