Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Unggul Dan Bermanfaat Dalam Bulan Ramadhan

Sajadah Muslim ~ Ramadhan adalah hadiah dari Allah bagi umat Nabi Muhammad, agar secara mudah dan cepat mendapatkan gelar taqwa. Namun kemudahan itu sendiri juga membutuhkan pemahaman, komitmen dan kesungguhan kita sendiri di dalam menjalani hari di bulan suci ramdhan ini.


Ramadhan adalah momentum terbaik untuk menjadikan diri kita unggul, bukan semata ibadah tetapi juga kecerdasan, sosial, dan tentu saja kemaslahatan bersama.

Hal ini karena bulan Ramadhan kita tidak ditempa melalui ragam ibadah mahdah semata, tetapi juga tuntutan berpikir melalui tadabbur Al-Qur’an, memperdalam ilmu dalam ragam kajian keislaman, kepekaan sosial melalui infak dan sedekah, serta menghadirkan kemaslahatan bersama melalui kewajiban untuk menunaikan zakat. 

Dalam kata yang lain, peluang untuk menjadi manusia unggul sekaligus bermanfaat telah terhampir luas bagi setiap insan beriman. Kalau berkaca pada semangat para ulama terdahulu dalam melakukannya, utamanya dalam perkara sholat berjama’ah.

Asy-Sya’bi berkata, “Tidak adzan dikumandangkan semenjak aku masuk Islam melainkan aku telah berwudhu saat itu.” Dalam hal sedekah, Nabi telah memberikan teladan yang jelas.

“Nabi adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi, ketika bukan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur’an kala itu. Dan Rasul adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhari)

Semoga Allah memberikan kekuatan kepada diri kita untuk mengisi bulan Ramadhan secara maksimal dan optimal sehingga mampu menjadi pribadi yang bertaqwa, yakni pribadi unggul dan bermanfaat bagi seluas-luas terhadap kehidupan umat manusia.

Sumber: Majalah Mulia, Berbagi Kemuliaan Hidup

Labels: Puasa Zakat

Thanks for reading Unggul Dan Bermanfaat Dalam Bulan Ramadhan. Please share...!

0 Comment for "Unggul Dan Bermanfaat Dalam Bulan Ramadhan"

Back To Top