Mayit Calon Surga Dan Calon Neraka

Mayit Calon Surga Dan Calon Neraka ~ Alam kubur adalah merupakan jembatan tahap pertama untuk menuju ke alam yang kekal abadi yaitu alam akhirat. Dimana di alam tahap pertama ini atau alam kubur manusia akan menemui kebahagiaan apabila pada masa hidupnya senantiasa mengerjakan amal kebajikan dan tentunya juga dia akan menjadi calon ahli surga diakhirat kelak.


Dalam sabda Rasulullah Saw, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan diberitakan dari sahabat Ibnu Umar ra, bahwasanya bagi mayit yang beriman dan senantiasa melakukan kebajikan dan telah dicatat oleh Allah Swt, sebagai calon ahli surga (di akhirat nanti), maka dibukakan baginya pintu surga dan diucapkan kepadanya; “Hai si Fulan itulah tempat  tinggalmu  kelak, dan apa yang telah di sediakan oleh Allah Swt di dalamnya itu ada  milikmu.” Maka ketika, mereka  mendengar dan melihat yang menggembirakan itu, maka mayit itu menjadi gembira. Kemudian alam kuburnya diperluas menjadi 70 (tujuh puluh) hasta serta alam kuburnya diterangi, dan ruhnya ditempatkan pada tempat yang bagus, yaitu berwujud sebagai seekor burung yang bergantung disalah satu pohon surga.

Rasulullah Saw bersabda : “Sesungguhnya salah seorang diantara kamu, apabila telah mati, maka diperlihatkan kepadanya akan tempatnya setiap pagi dan sore. Apabila ia sebagai calon ahli surga, maka (diperlihatkan) dari ahli surga dan apabila ia sebagai calon ahli neraka, dikatakan; Inilah tempatmu hingga Allah membangkitkan kepadanya pada hari kiamat.”

Dan bagi calon ahli surga ini, pada waktu di dalam kubur waktu satu tahun rasanya sekejap mata, dan 10 (sepuluh) tahun rasanya dua kejap mata dan begitulah seterusnya. Hal yang demikian itu dapat di rasa oleh calon ahli surga karena di dalam kuburnya pagi dan sore dia senantiasa diperlihatkan hal-hal yang menikmatkan dan menggembirakan serta membahagiakan.

Akan tetapi sebaliknya yang harus dialami oleh mayit yang pada masa hidupnya senantiasa mengabaikan perintah-perintah Allah dan melaksanakan apa yang menjadi larangan-Nya, maka ditampakkan kepada di setiap pagi dan sore neraka sebagai tempat tinggalnya kelak dan apa yang ada di dalamnya itu  semua akan menjadi miliknya.

Bagi calon ahli neraka, karena sangat pedihnya kesengsaraan yang dideritanya di dalam kubur itu, maka satu hari rasanya bagaikan sudah berabad-abad lamanya. Dan hal tersebut sebagaimana  Allah telah berfirman  dalam Al-Qur’an surat Al-Mu’min ayat 46 sebagai berikut :

“Neraka itu diperlihatkan kepada mereka (yang mendapatkan siksa kubur) pada pagi dan sore, hingga dibangkitkan hari kiamat. Dan pada hari kiamat terjadi (Dikatakan kepada Malaikat) Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam adzab yang sangat keras.”

Bertolak dari firman Allah Swt, diatas agar kita semua terhindar dari semua adzab Allah, maka hendaklah kita semua senantiasa bertaqwa dan bertawakal kepada-Nya dan juga menjalankan apa yang telah di ajarkan oleh Rasul-Nya.

Oleh Abu Khalid, MA
Terima Kasih Sudah Membaca: Mayit Calon Surga Dan Calon Neraka

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 21:32
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger