Peringatan Sebelum Datangnya Kematian

Utusan Sebelum Datangnya Kematian

Diceritakan bahwa para Nabi bertanya kepada Malaikat maut. ”Apakah kamu mempunyai utusan yang memberi peringatan kepada manusia agar mereka bersiap-siap menerima kedatangannya?” Malaikat maut menjawab, “aku telah memberi peringatan kepada manusia dengan mengirim utusan yang sangat banyak, diantaranya :
  1. Tenaga yang sudah melemah
  2. Penyakit
  3. Uban yang mulai tumbuh
  4. Usia yang sudah tua
  5. Serta berubahnya pendengaran dan penglihatan
Apabila orang itu belum juga bertobat, padahal aku telah mengirim utusan-utusan, yang banyak kepadanya. Maka ketika aku mencabut nyawanya, akan ku katakan kepadanya. “Bukankah aku telah mengirimkan kepadamu setelah datang para rasul dan memberikan peringatan kepadamu  setelah datang pemberi peringatan? Aku adalah utusan dan pemberi pemberi terakhir.”


Selama matahari tetap terbit dan terbenam maka malaikat maut selalu berseru, “Wahai orang-orang  yang berumur empat puluh tahun, ini saatnya bagi kalian untuk memngumpulkan bekal sebanyak-banyaknya karena pikiran serta kekuantanmu masih kuat. Wahai orang orang-orang yang telah berumur lima puluh tahun, engkau telah lupa dengan siksaan dan tidak mengindahkan panggilan, maka tidak seorang pun yang akan menjadi penolongmu.”

“Dan apakah, kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir dan apakah tidak datang kepadamu pemberi peringatan“ (QS. Fathir ayat 37).

Dari Abu Hurairah Rasulullah saw bersabda, “Allah memberikan kemudahan kepada seseorang  dengan menangguhkan ajalnya hingga berumur enam puluh tahun. Kemudahan paling besar yang diberikan Allah kepada Bani Adam adalah mengutus para rasul untuk menyempurnakan ajaran agama.”

“Dan kami tidak akan mengazhab sebelum kami mengutus seorang Rasul”. (QS. Al-Isra ayat 15). Diceritakan bahwa malaikat maut datang menemui nabi Daud, dan ketika bertemu Nabi Daud bertanya, “Siapakah engkau ?” Malaikat  maut berkata, “Tidak  ada seorang pembesar  yang aku takuti, tidak ada satu benteng yang sanggup mencegahku dan tidak ada seorangpun yang bisa menyuapku.” Daud kemudian berkata; “Jadi engkau adalah malaikat maut?” Malaikat maut menjawab “Benar”. Daud kemudian berkata, “Mengapa engkau  mendatangiku sedangkan aku masih belum siap.” Malaikat maut lalu bertanya, “Di mana si fulan temanmu itu?” Di mana tetanggamu si fulan?” Daud menjawab, “Dia telah meninggal!’‘  Malaikat maut berkata, Mereka merupakan peringatan bagimu agar kamu siap meghadapi mati.”

Al-Amari berkata, “Demam merupakan utusan kematian, maksudnya mengingatkan kita tentang adanya kematian.” Ada juga yang berkata, ‘Kematian keluarga, sahabat, karib-kerabat serta keluarga merupakan peringatan untuk kita di setiap waktu.” Usia 60 tahun merupakan peringatan yang penghabisan, karena pada usia ini takdir Allah telah mendekati seseorang. Sudah saatnya  seseorang pada saat usia ini menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah dan bersiap menerima takdir serta perjumpaan Allah.

Dua  Pemberi Peringatan

  1. Peringatan yang di sampaikan oleh nabi saw.
  2. Usia tua, yaitu yang usia telah mencapai 60 tahun.
Allah swt berfirman, “Dan umumnya sampai 40 tahun ia berdoa, “Ya Tuhan-Ku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat engkau.” (QS. Al-Ahqaf ayat 15). Orang yang telah mencapai umur 60 tahun sudah waktunya untuk mulai menghitung nikmat Allah dan bersyukur kepada kedua orang tuanya.

Malik berkata, “Aku melihat orang-orang berilmu yang tinggal di daerahku selalu bekerja keras untuk kehidupan dunia dan selalu bergaul satu sama lain, tapi apabila telah berumur 40 tahun, maka mereka  mengasingkan  diri dari orang banyak !

Oleh Abu Khalid, MA
Terima Kasih Sudah Membaca: Peringatan Sebelum Datangnya Kematian

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 20:31
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger