Perkara Haram dan Halal Dalam Islam

Haramnya Mengkonsumsi Hewan Bertaring

Adalah haram mengkonsumsi daging hewan bertaring. Hal ini berdasarkan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Binatang bergigi taring di antaranya  adalah kucing, macan, ular, buaya, dan sebagainya. Ternyata, secara medis, binatang tersebut tak baik untuk kesehatan. Menurut  dr. H. Husnul Hamdi, seorang dokter hewan, binatang bertaring umumnya mengkonsumsi bangkai hewan. Ini berefek tidak baik untuk  tubuh manusia karena hal itu akan mudah menularkan berbagai jenis penyakit.

Halalnya Dua Jenis Bangkai dan Darah

Abdullah bin Umar, mengatakan bahwa Rasulullah saw telah  bersabda ”Telah dihalalkan  untuk kami (orang Islam) dua macam bangkai dan dua macam darah. Adapun dua bangkai  yaitu bangkai belalang dan ikan, adapun dua darah  yaitu  yang terdapat pada limpah dan hati.” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad). Hadits ini dapat dijumpai dalam Kitab Bulughul Maram Min Adilatil ahkam. Hadits ini juga diperkuat sejumlah pendapat ulama fiqh bahwa semua  binatang yang terdapat di laut hukumnya halal, termasuk ikan yang sudah mati atau bangkai ikan.

Makan Daging Babi Berisiko Sakit Reumatik

Al-Quran mengharamkan daging babi. Dewasa ini diketahui bahwa daging babi menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Daging babi  mengandung banhyak  sekali ‘uric acid’. Tubuh manusia mengeluarkan 90 % zat ini dengan bantuan ‘buah pinggang‘. Sementara itu, babi hanya mengeluarkan 2% , sisanya menjadi  daging. Oleh sebab, itu babi  sering menderita sakit pada persendiannya. Maka, orang yang memakan daging babi akan  sering pula menderita sakit pada persendian dan reumatik. Di samping dikenal sebagai najis besar (mughaladhah), air liur anjing juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Persatuan Kesehatan Anak di Munich, Jerman, dapat masuk dan menyerang organ dalam tubuh melalui sistem terbuka. Resiko tertular penyakit  kian besar apabila terkena gigitan anjing. Karenanya, korban gigitan anjing harus memperoleh perawatan oleh dokter, minimal  dengan di beri  suntikan anti tetanus.

Pelihara Anjing Berisiko Terkena Kanker Payudara

Ini masih menurut peneliti di Universitas di Munich Jerman. Memelihara anjing bisa beresiko terkena penyakit kanker payudara, 79,7 %  penderita  kanker payudara ternyata sering bercanda dengan anjing, seperti memeluk, mencium, menggendong, memandikan, dan lainnya. Hanya 4,4 % pasien yang tidak punya hewan peliharaan ini. Di Norwegia, 53,3 %  dari 14,401 pemilik anjing mengidap penyakit kanker. Kanker pada binatang anjing dan manusia disebabkan oleh virus yang sama, yaitu Mammary Tumor Virus (MMTV).

Mastrubasi  Bisa  Merusak Pernikahan

Para ilmuan barat dan psikologi modern memang menyebutkan bahwa melakukan  mastrubasi atau  onani tidak merusak kesehatan jika dilakukan tidak secara berkelebihan. Namun, kebiasaan mastrubasi sebenarnya dapat memberi dampak pada keintiman dan kelanggengan  pernikahan. Dari penelitian yang dilakukan. Dr. Archibald, mengatakan  bahwa pria yang bernmastrubasi akan terus melakukannya sekalipun telah menikah. Mereka bermastrubasi karena ketagihan. Hal ini bisa merusak keharmonisan.

Alkohol Berefek Buruk Bagi Paru-paru

Al-Quran mengharamkan alkohol untuk dikonsumsi. Pasalnya, mengkonsumsi alkohol bisa berefek buruk bagi kesehatan paru-paru. Kondisi ini bisa memperpendek fungsi protektif dari antioksidan, mempengaruhi ketahanan sistem imun dan memicu kondisi ‘Alcpholic lung’. Peneliti dari Emory University, Atlanta, menyebutkan bahwa orang mengkonsumsi  alkohol akan mengalami luka akut pada epited paru sehingga terjadi penurunan sinyal dari GM-CSF, dan penurunan permdeabilitas dari epitel  alveolar.

Alkohol Meningkatkan Risiko Kanker

Sebuah tim peneliti internasional melaporkan bahwa 3,6 % semua kasus kanker di dunia berkaitan dengan kebiasaan mengkonsumsi minuman yang beralkohol. Hal ini membawa konsekuensi kematian akibat kanker sekitar 3,5 %. Dr. Paolo Boffetta dari badan Penelitian  Kanker Internasional di Lyon, Perancis, memperkirakan besarnya angka kematian akibat kanker yang berkaitan dengan kebiasaan minuman beralkohol adalah 232.900 dan merupakan 3,5 % dari kematian akibat semua jenis kanker.

Mengkonsumsi Alkohol Berisiko Stroke

Prof. Robin Room, dan timnya dari pusat penelitian sosial tentang obat dan alkohol di Universitas Stockholm menemukan bahwa 4% dari seluruh penyakit disebabkan oleh  alkohol, sebanding 4,1 % akibat tembakau dan 4,4 % akibat tekanan darah tinggi.  Hasil penelitian menyebutkan bahwa alkohol menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti  kanker mulut, kanker hati dan payudara, penyakit jantung. Lebih parahnya lagi, mengkonsumsi alkohol juga berefek pada serangan penyakit stroke.

Alkohol Meningkatkan Angka Kematian

Masih dalam penelitian sama, kata Prof. Robin Room, alkohol juga menimbulkan tingginya  kecelakaan mobil, tenggelam, jatuh dan keracunan. Selain itu kebiasaan mengkonsumsi alkohol  berhubungan dengan pembunuhan dan tindakan bunuh diri. Hasil perolehan data  di Inggris menyebutkan bahwa dengan meningkatkan harga minuman yang mengandung alkohol sebanyak 10% akan menurunkan 7 % kematian pada pria akibat sirosis atau kanker hati, 8,3 % kematian pada wanita.

Alkohol Penyebab Utama Sirosis Hati

Penelitian menyebutkan bahwa lebih dari satu juta pria dan wanita Inggris menunjukkan bahwa salah satu penyebab meningkatnya resiko sirosis dan penyakit hati adalah karena berat badan dan alkohol. British Medical Journal (BMJ) melaporkan bahwa wanita dan pria gemuk peminum anggur sedikitnya segelas atau lebih pada setiap harinya akan berisiko dua kali lipat terserang penyakit hati, dari pada wanita lain yang tidak mengkonsumsi alkohol. Dr. Bette Liu, dari Epidemiologi Kanker, universitas  Oxford, menyebutkan bahwa hampir 20% dari sirosis hati di Inggris pada wanita setengah baya adalah karena kelebihan berat badan, sementara hampir 50% adalah disebabkan oleh konsumsi alkohol.

Alkohol Lebih Berbahaya dari pada Heroin

Alkohol, heroin dan kokain adalah barang haram. Namun dari tiga jenis barang haram itu, ternyata alkohol lebih berbahaya dibandingkan kokain dan heroin dalam soal daya rusak  terhadap  penggunanya. Menurut  data Komite Keilmuan Independen untuk  obat-obatan (IC + SCD) Inggris, dan staf ahli dari Pusat Monitoring Obat dan Ketergantungan Obat Eropa (EMCDDA), alkohol hampir tiga kali lebih berbahaya dibandingkan kokain atau tembakau. Alkohol, meski terlihat lebih ringan, justru lebih berbahaya dari pada heroin dan kokain dalam merusak tubuh manusia.

Penyakit Ganas di Daging Babi

Mengkonsumsi daging babi adalah haram hukumnya. Kenapa? Daging babi ternyata menyimpan banyak penyakit. Salah satu  penyakit ganas  bernama  influensa Babi. Penyakit ini menyebar dalam bentuk  wabah yang  bisa menimpa jutaan manusia. Wabah  ini pernah diderita umat manusia pada tahun 1918. Dalam satu gelombang, wabah itu membunuh  sekitar 20 juta nyawa manusia. Pada tahun 1977, Amerika pernah dicekam jenis wabah ini  dan mengeluarkan biasa 135  juta dollar kala itu dalam penanganannya.

Makan dan Minum Jangan Berlebihan

Islam menyuruh kita untuk makan dan minum tidak berkelebihan, sebab Allah tidak menyukai yang berkelebihan (lihat QS. al-A’raaf ayat 31). Berdasarkan teori  ilmiah, kita tidak membutuhkan kuantitas (jumlah) makanan. Tapi, kita membutuhkan makanan yang seimbang dan beraneka ragam. Pola makanan sehat mengharuskan keagamaan. Itulah sebabnya para dokter sepakat  bahwa  makanan yang berkelebihan sangat membahayakan kesehatan dan secara langsung mempengaruhi saluran dan alat pencernaan.

Haramnya Rambut dan Tahi Lalat Palsu

Membuat rambut palsu dan menyambungnya dengan rambut palsu sangat dilarang oleh Nabi. Bahkan Nabi akan melaknat perbuatan tersebut. Begitu juga dengan membuat tahi lalat palsu. Keduanya merupakan perilaku yang diharamkan oleh Allah dan merupakan perbuatan setan. Soal ini  Ibnu Umar mengatakan bahwa Nabi telah melaknat orang yang menyambung rambutnya dengan rambut palsu serta melaknat wanita yang membuat tahi lalat palsu dengan cara apapun.  (HR. Bukhari dan Muslim).

Alasan Cuci Tangan Dengan Tanah Karena Jilatan Anjing

Nabi bersabda, “Apabila anjing minum (dengan ujung lidahnya) dalam wadah milik salah seorang di antara kalian, hendaklah ia membuang airnya kemudian membasuh wadah itu  sebanyak tujuh kali.” Prof. Thobarah, dalam kitab Ruhu ad-Diin al-Islami menyebutkan   bahwa anjing menularkan banhyak penyakit kepada manusia. Karena sesungguhnya anjing terkena cacing pita yang bisa menular kepada manusia dan menyebabkan penyakit kronis yang terkadang sampai membahayakan kehidupannya. Semua jenis anjing tidak ada yang bebas dari jenis cacing pita ini.

Oleh Uup Gufron
Terima Kasih Sudah Membaca: Perkara Haram dan Halal Dalam Islam

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 09:21
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger