Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

SHALAT IED DI MUSHALLA

Sajadah Muslim ~ Apabila Rasulullah keluar pada hari raya Idul Fitri maupun hari raya Idul Adha ke Mushalla (lapangan tempat  shalat), maka yang pertama kali beliau lakukan adalah shalat (H.R. Bukhari).

Rasulullah bersabda : “Takbir dalam shalat Ied; tujuh kali pada raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua (terakhir), kemudian membaca surat Al Fatihah dan surat lain, setelah takbir pada setiap raka’at.” (Hadits Hasan riwayat Abu Dawud)

Rasulullah memerintahkan kepada kami agar membawa keluar kaum wanita pada saat Idul Fitri maupun Idul Adha, para gadis remaja, wanita haid dan wanita pingitan. Adapun gadis yang sementara haid, maka tidak dibolehkan mengerjakan shalat, tapi menyaksikan kebaikkan dan do’a kaum muslimin.” Ditanyakan kepada beliau , “Ya Rasulullah bagaimana bila wanita tidak mempunyai jilbab?”. Jawabnya, “Supaya saudaranya memberikan jilbab kepadanya untuk dipakainya.” ( Muttafaq Alaih).


KESIMPULAN :
Shalat Ied dua raka’at, pada permulaan raka’at pertama bertakbir tujuh kali dan pada permulaan raka’at kedua bertakbir lima kali. Kemudian imam membaca Al Fatihah dan surat dari Al-Qur’an. Dan shalat Ied dilakukan dengan berjama’ah.

Shalat Ied di laksanakan di Mushalla (lapangan untuk shalat), yaitu tempat dekat kota Madinah dimana Rasulullah keluar ke sana untuk shalat Idul Fitri dan Idul Adha. Dan keluar bersama beliau anak-anak kecil, gadis-gadis remaja sampai para wanita yang berhalangan karena haid. Kata Al Hafidzh Ibnu Hajar rahimahullah dalam kitab; Fathul Bari; “Hadits ini menunjukkan supaya keluar ke Mushalla, dan bukan di masjid, kecuali karena terpaksa.”

Referensi : Berbagai Sumber.
Labels: Pendidikan Islam, Puasa Zakat, Shalat

Thanks for reading SHALAT IED DI MUSHALLA. Please share...!

0 Comment for "SHALAT IED DI MUSHALLA"

Back To Top