Keutamaan Malam Nuzul Quran

Sajadah Muslim ~ Malam Nuzul Quran merupakan malam dimana turunnya kalam Illahi ialah Al Quran yang dibawa oleh Malaikat Jibril dan sebagai pertanda diangkatnya Nabi Muhammad saw sebagai Rasul. Ayat pertama atau wahyu pertama yang diturunkan kepada Muhammad ialah surat Al Alaq ayat 1-5 yang berbunyi : "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan", "Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah", "Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah", "Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam", "Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya"
.
Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar yang diberikan Allah swt kepada Rasulullah Muhammad saw pada 14 abad yang silam. Al Quran memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh mukjizat yang lain yang hanya bisa dinikmati dan disaksikan pada zamannya saja. Sejak pertama kali diturunkan Al Quran telah mampu merubah arah dan paradigma peradaban umat manusia dari kesesatan menuju kebenaran dan kebahagian dunia maupun akhirat. Hal ini merupakan salah satu pengaruh ajaran dan ilmu pengetahuan yang terkandung dalam Al Quran. Karena banyak hikmah keutamaan Malam Nuzulul Quran ini di dalamnya.


Sementara di Indonesia, Malam Nuzul Quran selalu diperingati oleh sebagian masyarakat pada malam 17 Ramadhan yang merujuk pada tanggal pertama kali Al Quran di turunkan saat Nabi Muhammad berada di Gua Hira.

“Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Qs. Al Baqarah: 185)

Firman Allah swt dalam Surat Al Qadr : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan”, “Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?”, “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan”, “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan”, “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”.

Memperingati Malam Nuzul Quran

Memperingati nuzul quran adalah aktifitas yang baik, agar menjadi pedoman bagi kita terhadap suatu peristiwa besar ini, namun cara memperingatinya tidak hanya dengan proses seremoni saja, Imam Syafi’i dalam memperingati nuzul quran dengan cara mentadabbur serta mengkhatamkan Al-Quran.

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian dari rizki yang Kami anugrahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi” (QS. Faathir:29).

Hikmah Malam Nuzul Quran

  • Orang Yang Membaca Al Quran Akan Mendapat Syafaat. Rasulullah saw bersabda : Bacalah Al-Quran, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat bagi pembacanya.
  • Siapa saja yang mempelajari dan memahami Al Quran bagaikan menyelami luasnya samudera kehidupan dan menikmati anugerah kehidupan yang dirasakannya serta mengambil segala hikmah dan manfaat dari Al Quran.
  • Seseorang yang rajin membaca Al Quran memiliki jiwa yang sejuk, penuh dengan kesabaran, hati yang jernih, jiwa dan pikiran yang lapang, dan wajah yang bercahaya.
  • Membuat manusia semakin dekat dengan Sang Maha Pencipta Dunia dengan segala isinya dan membuat seseorang menjadi bersyukur dengan segala nikmat-Nya, serta terhindar dari segala kecemasan, kekhawatiran, rasa pesimis, kesedihan, selalu penuh dengan harapan dan kegembiraan.
  • Sebagai pelebur dosa, yang mengingatkan manusia akan dosa-dosa dan mencegah dirinya kembali dalam dosa dan memperkuat keimanan, ketaqwaan dan penjagaan diri, memudahkan segala rizki.
  • Sebagai ladang pahala, Dari Abdullah bin Mas`ud, berkata Rasulullah : “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf.”(H.R. At Tirmidzi).
Referensi : Berbagai Sumber
Terima Kasih Sudah Membaca: Keutamaan Malam Nuzul Quran

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 21:37
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger