Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Pengertian Iman Kepada Rasul

Sajadah Muslim ~ Secara umum, setiap muslim harus beriman bahwa Allah swt telah mengutus kepada hamba-hamba-Nya beberapa Rasul dari jenis mereka sendiri, untuk menyampaikan kabar gembira dan pemberi peringatan.

Mereka itulah para da’I kebenaran yang hakiki. Maka barangsiapa yang menyambut ajakannya, dia akan berhasil mencapai puncak kebahagiaan. Dan barangsiapa yang menentang seruan mereka, ia akan terjerumus dalam kesengsaraan dan penyesalan.


Allah berfirman : “Dan Kami telah utus kepada setiap umat seorang utusan, (untuk menyerukan)” beribadah-lah hanya kepada Allah dan jauhilah thaghut (sesembahan selain Allah)….” (An Nahl : 36)

Firman Allah, yang artinya : “(Mereka Kami utus) selaku Rasul-Rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar tidak ada alasan bagi manusia untuk membantah Allah sesudah diutusnya Rasul-Rasul itu. Dan Allah adalah Maha Perkasa, Maha Bijaksana” (An Nisa 165)

Secara khusus, setiap muslim harus meyakini Rasul-Rasul yang namanya telah diberitakan dalam Al-Quran dan yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW. Di antara Nabi-Nabi itu adalah Nuh, Hud, Shalih, Ibrahim, dan Nabi Muhammad, sebagai Nabi terakhir. Kepada para Nabi itu, kita haturkan shalawat dan semurni-murninya salam.

Nabi yang paling utama di antara para Nabi adalah Nabi Muhammad. Dia adalah penutup para Nabi. Allah berfirman : “Bukanlah Muhammad itu bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup para Nabi” (Al Ahzab : 40).

Nama-Nama Rasul Allah SWT

Pada setiap kaum pasti terdapat satu Rasul yang akan membimbing umatnya menuju jalan kebenaran dan untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT. Jumlah Rasul yang perlu kita ketahui ada 25 sebagai berikut :
  1. Nabi Adam AS
  2. Nabi Idris AS
  3. Nabi Nuh AS
  4. Nabi Hud AS
  5. Nabi Shalih AS
  6. Nabi Ibrahim AS
  7. Nabi Luth AS
  8. Nabi Ismail AS
  9. Nabi Ishak AS
  10. Nabi Yaqub AS
  11. Nabi Yusuf AS
  12. Nabi Ayub AS
  13. Nabi Dzulkifli AS
  14. Nabi Syu’aib AS
  15. Nabi Musa AS
  16. Nabi Harun AS
  17. Nabi Dawud AS
  18. Nabi Sulaiman AS
  19. Nabi Ilyas AS
  20. Nabi Ilyasa AS
  21. Nabi Yunus AS
  22. Nabi Zakaria AS
  23. Nabi Yahya AS
  24. Nabi Isa AS
  25. Nabi Muhammad SAW

Rasul Ulul Azmi

Ulul Azmi adalah gelar yang diberikan kepada Rasul yang memiliki ketabahan dan keuletan luar biasa dalam menyampaikan Risalah atau syariat kepada umatnya. Rasul dengan gelar Ulul Azmi ada lima :
  1. Nabi Nuh AS
  2. Nabi Ibrahim AS
  3. Nabi Musa AS
  4. Nabi Isa AS
  5.  Nabi Muhammad SAW
Labels: Pendidikan Islam, Seputar-Islam

Thanks for reading Pengertian Iman Kepada Rasul. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Iman Kepada Rasul"

Back To Top