Tips Agar Sedekah Menuai Berkah

Lakukan Sedekahmu Dengan Ikhlas Hanya Karena Allah

Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa yang beramal dengan suatu amalan yang menyekutukan Aku dengan selain-Ku, maka Aku tinggalkan dia dan sekutunya" (HR. Muslim)

Hindari Menyebut-Nyebut Pemberian

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima)... (QS. Al-Baqarah : 264)

Lakukan Di Waktu Malam Dan Siang, Sembunyi-Sembunyi Dan Terang-Terangan

"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati" (QS. Al Baqarah : 274)

Agar Pahala Sedekah Terus Mengalir Setelah Mati

"Bila seseorang meninggal, maka terputuslah amalannya kecuali tiga hal, beliau menyebutkannya di antaranya, sedekah jariyah" (HR. Muslim)

Bersedekah Secara Sembunyi-Sembunyi Terkadang Lebih Utama Dari Pada Dengan Terang-Terangan

"Sedekah dengan sembunyi-sembunyi dapat meredam kemurkaan Allah" (Shahih Al-Jami'us Shaghir)

Agar Perdagangannmu Menjadi Berkah

"Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa akan menghampiri jual beli kalian, maka sertailah jual beli kalin dengan sedekah" (Shahih Targhib wa Tarhib)

Bersedekah Ketika Masih Sehat Dan Merasa Kekurangan

"Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan" (QS. Al-Insan : 8)

Jangan Bersedekah Dengan Perasaan Enggan

Allah menjelaskan bahwa cara bersedekah dengan perasaan enggan adalah sifat orang munafik. Allah berfirman, "Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan shalat melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan" (QS. at-Taubah : 54)

Jangan Berlaku Bakhil Terhadap Diri

Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. Maka di antara kamu ada yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang berkehendak (kepada-Nya), dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain, dan mereka tidak akan seperti kamu ini" (QS. Muhammad : 38)

Bersedekah Dengan Sesuatu Yang Halal Dan Baik

Barangsiapa yang mencari harta haram, lalu bersedekah dengannya, maka ia tidak akan mendapatkan pahalanya, dan dosanya ditimpakan kepadanya. (Shahih Ibnu Hibban)
Terima Kasih Sudah Membaca: Tips Agar Sedekah Menuai Berkah

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 20:24
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger