ADAB SETELAH TIDUR DALAM ISLAM

Sajadah Muslim - Adab-adab mengenai tentang tidur sesuai anjuran Rasulullah SAW memang telah seharusnya diterapkan di kehidupan masing-masing individu. Bila kita telah mengikuti adabnya, maka Insya Allah tidur kita dinilai ibadah oleh Allah SWT. Firman Allah SWT : “Dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat.” (QS. An-Naba’: 9). Begitu sangat penting untuk menerapkan adab sesuai anjuran Rasulullah SAW. Berikut Anjuran Rasulullah SAW tentang Adab Setelah Tidur Dalam Islam :

Membaca Doa Setelah Tidur

Jika sudah bangun tidur hendaknya membaca do’a sebelum berdiri dari tempat pembaringan, yaitu : “Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilayhinnusyuur”. Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan”.  (HR. Al-Bukhari : 6312 dan Muslim : 2711)

Mengusap Wajah Atau Kedua Mata

Ketika bangun tidur hendaknya mengusap kedua mata dengan kedua tangan dan membaca sepuluh ayat terakhir dari surat Ali Imran. Sabda Nabi SAW : Dari Abdullah bin Abbas radhiallahu ‘anhuma, dia berkata: “Kemudian Rasulullah SAW bangun, lalu mengusap (bekas pengaruh) tidur dari wajahnya (kedua mata), lalu membaca sepuluh ayat terakhir dari surat Ali Imran”. (HR Al Bukhari : 4571 dan Muslim : 763)

Merapihkan Tempat Tidur

Rasululläh SAW adalah teladan terbaik, seluruh aspek kehidupan kita harus mencontoh kepada beliau. Ia telah memberikan contoh yang sempurna. Sebelum kita mencontoh perkara yang besar, tentu harus didahului dan jangan melupakan mencontoh masalah-masalah sederhana seperti merapihkan tempat tidur.

Bersiwak atau Menyikat Gigi Setelah Tidur

Sabda Nabi SAW : “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak”. (HR. Al Bukhari : 245 dan Muslim : 255)

Beristinsyaq dan beristintsaar Setelah Tidur

Beristinsyaq dan beristintsaar (menghirup kemudian mengeluarkan atau menyemburkan air dari hidung). Sabda Nabi SAW : “Apabila salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka beristintsaarlah tiga kali karena sesunggguhnya setan bermalam di rongga hidungnya”. (HR. Bukhari : 3295 dan Muslim : 238).

Mencuci Tangan Setelah Tidur

Mencuci kedua tangan tiga kali, Sabda Nabi SAW : “Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, janganlah ia memasukkan tangannya ke dalam bejana, sebelum ia mencucinya tiga kali”. (HR. Bukhari : 162 dan Muslim : 278)

Bersyukur Kepada Allah SWT

Ketika kita bangun, hendaknya kita harus menghadirkan perasaan syukur kepada Allah sesudah kita tidur. Kita harus bersyukur karena kita telah memperoleh nikmat. Nikmat yang kita terima adalah nikmat tidur. Kita bandingkan orang yang lelap tidur dengan yang kurang tidur. Bagaimana kalau kurang tidur ? Kemudian, bagaimana pula kalau kita tidak tidur ? Berapa lamakah kita tidur ? Jika tidur kita adalah delapan (8) jam. Tentu ini adalah nikmat yang sangat panjang. Tidur merupakan nikmat yang besar. Subhanallah

Membangunkan Keluarga

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Tahrim ayat 6 : “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka". (QS. Al-Tahrim: 6). Allah akan menurunkan rahmat kepada orang yang shalat malam kemudian ia membangunkan keluarganya untuk shalat.
Sabda Nabi SAW : Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: “Rasululläh SAW bersabda: “Allah akan merahmati seorang yang ia bangun tengah malam untuk melaksanakan shalat malam kemudian membangunkan istrinya. Jika ia menolak, maka ia memercikkan air ke mukanya. Begitupula Allah akan merahmati seorang perempuan yang ia bangun tengah malam untuk melaksanakan shalat malam kemudian membangunkan suaminya. Jika ia menolak, maka ia memercikkan air ke mukanya”. (HR. Abu Dawud).
 
Membangunkan keluarga seperti itu adalah bagian dari amar ma’ruf nahi munkar (menyuruh kepada kebaikan dan melarang dari kemunkaran). Membangunkan orang yang tidur untuk shalat malam akan mendapat pahala, apakah dari amar ma’ruf nahi munkarnya, dari melaksanakan perintah Rasululläh SAW, dan dari orang yang dibangunkan kemudian ia shalat.
 
Semoga bermanfaat !!!

Baca Juga :

ADAB SEBELUM TIDUR DALAM ISLAM

Terima Kasih Sudah Membaca: ADAB SETELAH TIDUR DALAM ISLAM

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 20:08
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger