Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Khutbah Jumat: Ruang dan Waktu

MUKKADIMAH

Kaum Muslimin Sidang Jumat yang Berbahagia

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Tuhan yang telah menurunkan kitab sucinya yang mulia. Dalam kitab suci Al quran telah diterangkan tentang pentingnya ruang dan waktu.

salawat dan salam semoga tercurah kepada nabi besar Muhammad shallallahu alaihi wasallam serta kepada sekalian sahabat dan keluarganya dan dan orang-orang yang mengikutinya dengan baik sampai hari kemudian yang penuh sesak dengan manusia dari generasi pertama sampai generasi terakhir.

Kemudian dari pada itu marilah kita sekalian meningkatkan taqwa kita kepada Allah,  Semoga kita termasuk orang-orang yang berbahagia di dunia dan di akhirat.


Kaum Muslimin Sidang Jumat yang Berbahagia

Adapun judul khutbah kita pada hari ini adalah tentang ruang dan waktu. Maksudnya adalah bagaimana cara kita mengisi dan memanfaatkan ruang dan waktu Agar kita selamat dunia dan akhirat.

Menurut ilmu pengetahuan ruang adalah tata tertib alam semesta yang tidak bergerak. Hidup dan keberadaan kita selalu  terkait dengan ruang dan waktu. Bumi atau tanah adalah ruang dan tempat kita hidup. Dalam AlQuran surat al-baqarah ayat 36 Allah SWT berfirman:

"Dan bagi kamu ( manusia) ada tempat kediaman di bumi dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan".

Menurut ayat ini bumi adalah tempat tinggal, manusia meninggal dunia tetapi pada ayat yang lain Surat Taha ayat 55 Allah menegaskan:

"Dari bumi ( tanah) itulah kami menjadikan kamu dan dan kepada-nya Kami akan mengembalikan kamu dan dari padanya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain".

Bila kita perhatikan kedua ayat tadi maka bumi ini adalah tempat atau ruang yang amat Sentral dan penting bagi manusia. Itulah sebabnya maka Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis yang sanadnya diriwayatkan oleh Ali Bin Abi Thalib beliau bersabda: 

"Dan perlakukanlah (bergaullah) dengan bumi dengan bershalat di atasnya".

Dengan salat di atas tanah (bumi)  kita amat akrab, Karena pada saat kita bersujud, kita bertumpu di atas 7 tulang yaitu tulang dahi, tulang tangan, 2 tulang lutut dan dua tulang kaki. Bacaan  kita pada saat sujud adalah kita Bertasbih kepada Allah yang Maha Tinggi, tetapi jasad kita akrab dengan tanah. Bumi dan tanah adalah tempat kita kembali setelah kita meninggal dunia. Tegasnya kita akan pindah dari punggung bumi ke dalam perut bumi. Dalam sebuah hadis nabi Muhammad SAW yang sanadnya diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar beliau bersabda:  

"Sesungguhnya Bila seorang mukmin setelah diletakkan dalam kuburnya, kubur diperluas".

kaum muslimin sidang Jumat yang berbahagia berbicara tentang waktu, maka Allah SWT dalam Alquran banyak bersumpah dengan waktu. seperti walfajri  (Demi Waktu Fajar) wallaili (demi waktu malam), dan Wal Ashri (demi masa). Bahkan Allah SWT membuat satu surat dalam Alquran yang khusus menyebut massa dan waktu dan apa yang wajib kita kerjakan dalam masa itu. Surat al-ashr terdiri dari empat ayat yaitu:

"Demi Masa sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya   menetapi kesabaran".

surat al-ashr ini merupakan konsep yang terbaik dari sebuah kitab suci tentang masa atau waktu dan dan apa yang hendaknya kita kerjakan. dari surat ini kita dapat mengamati dan mengetahui secara langsung betapa banyaknya manusia yang merugi. Karena mereka main judi, minum miras mengedarkan narkoba prostitusi dan perbuatan-perbuatan tercela lainnya.

Juga kita dapat melihat mereka yang beruntung karena mereka mengerjakan pekerjaan yang halal amal Saleh seperti bertani, menangkap ikan, bekerja di kantor dan berjualan di pasar.

Iman kepada Allah SWT adalah rukun iman yang terpenting. Beriman kepada Allah SWT akan mendorong kita untuk selalu mengerjakan Ibadah, beramal saleh, bekerja sama dalam mencari rezeki yang halal begitu pula satu sama lain saling menyebarkan bila ada kesulitan yang dihadapi.

Kaum Muslimin Sidang Jumat yang Berbahagia

Untuk melengkapi surat al-ashr yang berisi Bagaimana cara mengisi waktu, saya akan angkat sebuah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Maimun Bin mahran. Beliau sedang memberi nasihat kepada seseorang sebagai berikut:

"Jagalah lima keadaan sebelum datang lima keadaan. Jagalah waktu mudamu sebelum datang masa tuamu dan Jagalah kesehatanmu sebelum engkau sakit. Dan jagalah waktu senggangmu sebelum datang waktu sibukmu. Dan jagalah saat kayamu sebelum engkau fakir. Dan jagalah hidupmu sebelum datang kematianmu".

Hadits ini juga secara keseluruhan berhubungan dengan massa  atau waktu. perkenankanlah saya untuk menjelaskan butir-butir hadis-hadis secara singkat. Rasulullah memerintahkan kita menjaga masa muda sebelum tua. manusia waktu masih muda mampu mengerjakan pekerjaan yang berat dan bila sudah tua tak mampu lagi. Dan Bila seorang anak muda terbiasa berbuat dosa, maka massa satuannya sulit memperbaiki diri. Dan bila sejak usia muda sudah terlatih shalat. Maka hal itu akan berlangsung hingga hari tua. 

Perintah Nabi Muhammad SAW untuk menjaga kesehatan sebelum sakit memang tepat, sebab bila kita sehat kita bisa mengurus harta kita bisa bekerja dan bisa beribadah bila sudah sakit kita dapat merepotkan orang lain.

Perintah menjaga waktu senggang sebelum sibuk, adalah agar waktu kita isi dengan iman dan amal saleh. Sibuk maksudnya bila nyawa sudah di kerongkongan kita sudah dalam kubur, atau di padang mahsyar. Sehari semalam kita punya 24 jam, 8 jam untuk tidur sisanya. Mari kita isi dengan iman dan amal saleh insya Allah kita tidak akan menyesal.

perintah menjaga kekayaan sebelum Fakir, adalah agar rezeki dan harta kita jaga dengan sebaik-baiknya dan kita jangan ingin mengambil harta orang lain.

Perintah menjaga hidup sebelum mati adalah agar kita tidak menyia-nyiakan waktu berlalu, marilah kita isi dengan iman, taqwa dan amal saleh seperti sedekah dan sebagainya bila demikian kematian tidak perlu ditakuti.

Demikianlah khutbah tentang Bagaimana mengisi ruang dan waktu Semoga kita sukses. Amin ya rabbal alamin.

PENUTUP

Oleh Drs. KH. Marwan Aidid

Labels: Kumpulan Khutbah Jumat

Thanks for reading Khutbah Jumat: Ruang dan Waktu. Please share...!

0 Comment for "Khutbah Jumat: Ruang dan Waktu"

Back To Top