Tips Umum Menghafal Al-Qur'an

Sajadah Muslim ~ Dalam menghafal Al-Qur'an  itu penting untuk punya motivasi yang tinggi. Tentunya, motivasi untuk menghafal Al-Qur'an. Selain itu, luruskan niat karena Allah Swt dan hindari perbuatan maksiat. Tidak lupa juga harus sering mengulangnya. Lebih jelasnya, akan diterangkan bagaimana cara menghafal Al-ur'an agar cepat bisa di antaranya :

Cukup satu mashaf (jangan gonta-ganti)

Misalnya, Anda mulai menghafal dengan model Al-Qur'an jenis A, maka Anda harus terus menggunakan jenis itu. Jangan sekali-kali Anda mengganti dengan Al-Qur'an yang lain. Perlu diketahui bahwa ketika kita telah menghafal satu halaman mushaf, maka kita biasanya ingatan kita akan tertuju pada lembaran yang telah kita hafal. Posisi ayat yang telah dihafal akan diketahui di atas ataukah di bawah, di kanan ataukah di kiri. Sehingga kita berganti-ganti  mushaf, itu akan menyulitkan diri kita sendiri. Jadi, pilihlah satu mushaf standar untuk hafalan kita seperti mushaf Madinah. Lebih bagus lagi memilih yang berukuran kecil agar bisa di bawa ke-mana-mana dan mudah di taruh di saku.

Terapkan target

Misalnya, Anda punya target setiap hari satu lembar atau halaman. Maka, setiap hari Anda harus hafal satu halaman. Lebih banyak lebih baik lagi, misalnya 2 atau 3 lembar. Dengan begitu, Anda akan berusaha untuk bisa mewujudkannya. Jika target itu tak tercapai, Anda bisa menghukum diri Anda sendiri dan besok harinya harus diganti hafalannya.

Mengulang-ulang bacaan

Sebelum Anda menghafalnya, sebaiknya Anda mengulangi bacaan tersebut hingga berpuluh-puluh kali, misalnya 20 kali dan demikian seterusnya. Sehingga ayat-ayat tersebut benar-benar sudah nemplok di kepala.

Mengulang-ulang hafalan (muroja'ah)

Demikian juga setelah ayat sudah dihafal, Anda harus sering mengulang-ulanginya supaya lebih kokoh nemploknya di kepala. Janganlah ganti dengan ayat yang lain sebelum ayat sebelumnya benar-benar sudah nemplok di kepala.

Pratekkan dalam shalat

Sebagai bagian dari mengingat-ingat hafalan kita, sebaiknya kita mempraktekkannya dalam shalat. Jangan melulu surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas dalam setiap shalat kita. Tapi, bacalah surat atau ayat yang sudah kita hafal dalam shalat. Dengan begitu, hafalan tersebut akan terus teringat dalam otak kita.

Pilih Waktu yang tepat untuk menghafal

Misalnya, untuk mengulang hafalan adalah di waktu subuh, sedangkan menambahnya di malam hari sebelum tidur. Atau bisa pula gunakan waktu antara adzan dan iqomah atau waktu sebelum dan sesudah shalat lima waktu. Waktu-waktu senggang pun bisa seperti saat ada antrian, di dalam taxi, mobil, kereta api, pesawat, menunggu wawancara, dan sebagainya.

Mulai dari juz 30 dan terus ke depan 

Kenapa juz 30 dulu? Sebab, inilah juz yang paling sering dibaca oleh imam ketika shalat. Dengan demikian, Anda pun bisa mengikuti bacaan imam ketika shalat karena Anda merasa sudah  hafal. Ini baik untuk mengokohkan ingatan Anda soal hafalan tersebut. Setelah juz 30, baru juz 29 dan seterusnya hingga juz ke- 1.

Demikian beberapa tips menghafal Al-Qur'an yang lazim dipakai oleh orang. Anda ingin jadi penghafal Al-Qur'an yang baik, tidak salah untuk menerapkan tips tersebut.

Oleh Eep Khunaefi
Terima Kasih Sudah Membaca: Tips Umum Menghafal Al-Qur'an

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 16:40
 
Comments
2 Comments

+ komentar + 2 komentar

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger