Tips Anak-Anak Palestina Menghafal Al Quran

Tips Anak-Anak Palestina Menghafal Al Quran ~ Tips ini berasal dari Syaufi M. Rabbani, relawan Rumah Zakat, saat menyalurkan bantuan ke warga Palestina akhir tahun 2012.  Berikut pengalamannya  bersama para penghafal Al-Qur'an.


“Mereka mengajar saya bagaimana cara menghafal Al-Qur'an dengan mudah. Saya praktekkan di sini, dan ternyata bisa.”ujar Syaufi.

“Sebelum tidur kita membaca halaman atau ayat yang sedang dihafal selama 10 kali. Tilawah ini dilakukan benar-benar jelang tidur yang tidak ada aktivitas lain sesudah itu. Pada pembacaan 10 kali ini bacaan kita harus benar-benar lancar dan tidak boleh ada kesalahan tajwid di dalamnya. Pada pembacaan  yang ke 10 kita baca per-ayat beserta artinya. Pada tahap ini kita harus sampai paham makna dan maksud ayat yang kita hafal. Betul-betul harus masuk  ke kepala kita cerita yang sedang kita hafal.

Setelah itu kita tidur. Keesokan paginya kita bangun sebelum subuh. Setelah Qiyamu Lail barulah kita menghafal ayat-ayat yang sudah dibaca 10 kali sebelum tidur tadi. Sebelum subuh kita harus sudah hafal ayat tersebut. Pada bagian ini pentargetan dilakukan. Jika tidak ada target, biasanya kita suka berleha dalam menghafal Al-Qur'an. Setelah shalat subuh kita murajaah atau mengulang ayat-ayat yang sudah di hafal. Sampai waktu dhuha, kita melaksanakan shalat dhuha 8 rakaat. Setiap rakaat  kita mengulangi 1 kali ayat yang dihafal.  Jika pada shalat dhuha hafalan kita sudah lancar, insya Allah ayat-ayat tersebut sudah menempel di benak kita.”papar Syaufi.

Oleh Eep Khunaefi
Terima Kasih Sudah Membaca: Tips Anak-Anak Palestina Menghafal Al Quran

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 16:10
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger