Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Tips Menghafal Al Quran Dari Abu Musa (Bocah Cilik Penghafal Al Quran)

Sajadah Muslim ~ Musa, asal Bangka, terkenal sebagai penghafal Al-Qur'an setelah mengikuti ajang “Hafiz Indonesia,” yang diselenggarakan oleh RCTI. Usianya masih 5,5 tahun saat itu, namun ia sudah mampu menhafal hampir seluruh ayat Al-Qur'an (30 juz) kecuali surat An-Nahl dan Bani Israil. Banyak orang tua yang ingin anak-anaknya seperti Musa, yaitu mampu menghafal Al-Qur'an di usia masih anak-anak. Fakta bahwa Musa bukanlah orang Arab membuat banyak orang pun takjub kepadanya.


Lalu, bagaimana cara Abu Musa (La Ode Abu Hanafi) dalam mendidik anaknya itu untuk menjadi penghafal Al-Qur'an ?

Menurut Abu Musa, untuk mendapatkan seorang anak yang pandai menghafal Al-Qur'an, langkah pertama adalah mendapatkan pasangan yang solehah. Istiqamah dan sabar yang luar biasa. Selain itu, tegakkan amar ma'ruf dan nahi munkar kepada anak meskipun masih kecil. “Jauhkan dari musik dan tontonan yang merusak, tanamkan akidah dan tauhid kepada anak, dan tanamkan siapa ahli shalat dan ahli maksiat,” ujarnya.

Yang paling utama, menurutnya, orang tua harus bisa menjadi teladan buat anak-anaknya. Dan dalam mendidik anak juga harus tega. Kok bisa? “Contohnya ketika memerintahkan untuk belajar. Banyak orang tua yang tidak tega,” ujarnya. Padahal, tega  dalam mendidik anak untuk belajar itu sangat penting.

Atas dasar itu, “tentukan jadwal anak seketat mungkin; kapan belajar, makan, mandi dan bermain,” ujarnya.

Menurut Abu Musa, tidak usah memperdulikan perkataan orang. “Emas tidak akan jadi mulia  dan berharga kecuali  setelah penempaan yang luar biasa.” ujarnya.

Demikian tips Abu Musa dalam mendidik anaknya, Musa, untuk menjadi penghafal Al-Qur'an. Anak Anda ingin seperti Musa? Tidak salah untuk mengikuti metodenya.

Oleh Eep Khunaefi
Labels: Menghafal Al Quran

Thanks for reading Tips Menghafal Al Quran Dari Abu Musa (Bocah Cilik Penghafal Al Quran). Please share...!

0 Comment for "Tips Menghafal Al Quran Dari Abu Musa (Bocah Cilik Penghafal Al Quran)"

Back To Top