Cara Meraih Hidup Berkah, Sukses dan Bahagia

Sajadah Muslim ~ Amalkan 7 (tujuh) Sunnah Rasulullah SAW. Tujuh Sunnah Rasulullah yang perlu dijaga dan amalkan ialah :

Senantiasa Kekalkan Wudhu

Wudhu adalah salah satu cara untuk menyucikan diri dari hadits kecil. Orang yang menjaga wudhunya akan disayangi oleh Allah. Kata Khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu sholat walau ia sedang tidak sholat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua do’a, ampuni dosa dan sayangi dia ya Allah.”

Istighfar Setiap Masa

Istighfar ialah memohon keampunan dari Allah atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan dan berjanji kepada Allah tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Allah swt berfirman, “Dan Allah tidak sekali-kali akan menyiksa mereka, sedang Engkau (Wahai Muhammad) ada di antara mereka, dan Allah tidak akan menyiksa mereka sedang mereka beristighfar (meminta ampun). Qs. Al-Anfal ayat 33.

Membaca Al-Qur’an Sebelum Terbit Matahari

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu sunnah Rasulullah terutamanya membaca Al-Qur’an pada waktu sebelum terbitnya matahari. Besar pahala bagi orang yang membaca Al-Qur’an dan memahami isinya. Jadikan Al-Qur’an sebagai panduan hidup dan jangan dijadikan Al-Qur’an sebagai bacaan-bacaan sahaja, panduan dan membudayakan Al-Qur’an dalam setiap perkara dalam kehidupan kita.

Allah swt, berfirman; “Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberi petunjuk  ke jalan yang amat benar (agama Islam) dan memberikan berita Yang memberikan orang-orang Yang beriman Yang mengerjakan amal-amal sholeh. Bahwa mereka beroleh pahala Yang besar (QS.  Al-Isra ayat 9).

Sholat Jamaah Di Masjid

Sholat yang lebih baik adalah sholat berjamaah di masjid, karena pahala orang yang sholat berjamaah di masjid sangat besar dan pahalanya dihitung pada setiap langkahnya ke masjid dan ia juga akan memperoleh pahala berjamaah sebanyak 27 pahala. Nabi Muhammad Saw bersabda: “Sungguh, alangkah ingin aku menyuruh (para sahabat) melakukan sholat, dan aku  suruh seseorang untuk mengimaminya, kemudian aku pergi bersama beberapa orang yang membawa beberapa ikat kayu api menuju (rumah) orang-orang yang tidak ikut sholat berjamaah, untuk membakar rumah mereka dengan kayu api.

Melakukan Sholat Dhuha

Sholat sunnah Dhuha adalah sholat yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw kepada umatnya, karena sholat sunnah Dhuha ini banyak kelebihannya. Di antara kelebihannya ialah pintu rezeki, waktu sholat sunnah Dhuha ialah dari naiknya matahari sampai senggalah dan berakhir di waktu matahari tergelincir. Rasulullah saw, pernah bersabda; “Pada tiap-tiap pagi lazimkanlah atas tiap-tiap ruas anggota seseorang kamu bersedekah, tiap-tiap takbir satu  sedekah, menyuruh berbuat baik satu sedekah, dan cukuplah (sebagai ganti) yang demikian itu dengan mengerjakan dua rakaat setiap sholat Dhuha”. (Hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim).

Sholat Tahajjud

Sholat Tahajjud ialah sholat yang dilakukan apabila terjaga dari pada tidur malam. Sebaik-baiknya 1/3 malam yang terakhir yaitu dalam lingkungan jam 3 atau jam 4 pagi. Jumlah rakaat sekurung-kurangnya 2 (dua) rakaat. Diantara fadhilahnya.
  1. Mendapat perlindungan Allah dan menampakkan kesan ketaatan di wajahnya
  2. Di kasihi oleh para ahli ibadah dan orang mukmin
  3. Percakapannya menjadi hikmah dan bijaksana. 
  4. Di mudahkan hisab ke atasnya
  5. Mendapat catatan amal dari tangan kanan.
Allah swt, berfirman; “Dan bangunlah pada sebahagian dari waktu malam serta kerjakanlah sembahyang tahajjud padanya, sebagai sembahyang tambahan bagimu, semoga Tuhan-Mu membangkitkan dan menempatkan pada hari akhirat di tempat Yang Terpuji”. (QS. Al-Isra ayat 79)

Senantiasa Bersedekah

Sedekah ialah seseorang itu mengorbankan sedikit hartanya untuk diberikan kepada orang yang memerlukan dengan hati dan perasaan yang ikhlas karena Allah. Bagi orang yang rajin bersedekah, Allah akan gandakan setiap sedekahnya dengan rezeki yang melimpah.

Allah swt berfirman; “dan jangan sekali-kali orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (dilehernya) pada hari kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi. Allah Maha Teliti, atas apa yang kamu kerjakan.” (QS. Ali Imran 180).

Oleh Abu Khalid, MA
Terima Kasih Sudah Membaca: Cara Meraih Hidup Berkah, Sukses dan Bahagia

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 19:09
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger