Cara Memperingatkan Anak Untuk Menjauhi Larangan Agama

Sajadah Muslim ~ Memperingatkan anak-anak untuk tidak terperosok ke dalam kekufuran, mencerca dan melaknat orang lain serta berbicara yang tercela.     
         
Menyadarkan anak-anak dengan lemah lembut bahwa kekufuran itu haram yang menyebabkan kerugian diakhirat, dengan catatan akan masuk neraka. Hendaknya kita menjaga pembicaraan kita di depan mereka agar menjadi cermin keteladanan yang baik bagi mereka.

Memperingatkan anak-anak untuk tidak melakukan judi dengan segala macamnya, seperti lotre dan lainnya, meskipun hanya untuk hiburan. Karena hal, itu dapat mendorong mereka kepada perjudian dan pertikaian serta merugikan diri sendiri, harta dan waktu mereka sendiri serta melupakan shalat dan melalaikan mereka dari mengingat Allah.


Melarang anak-anak membaca majalah yang sifatnya bukan untuk pelajaran dan gambar-gambar seronok serta cerita-cerita komik persilatan. Melarang penyiaran film-film serupa di bioskop maupun TV karena berbahaya bagi akhlak dan masa depan anak-anak.

Melarang anak-anak merokok dan memberi pengertian kepada mereka, bahwa  para dokter telah sepakat bahwa merokok dapat berbahaya bagi tubuh, menyebabkan kanker, merusak gigi, baunya tidak enak, merusak paru-paru dan tidak ada faedahnya.

Menasihati mereka untuk makan, buah-buahan dan makanan ringan sebagai pengganti rokok.

Mambiasakan anak-anak berlaku jujur dalam perkataan dan perbuatan. Hendaknya kita tidak berbohong kepada mereka, meskipun hanya bergurau. Jika kita menjanjikan sesuatu kepada mereka hendaknya kita  harus penuhi. Dalam hadits shahih disebutkan:

“Barang siapa berkata kepada anak-anak kecil.”, ambillah “ kemudian tidak memberinya maka hal itu merupakan suatu kedustaan.” ( H.R. Ahmad ). Tidak memberi makan kepada anak-anak dengan uang haram, seperti ; uang suap, riba, hasil pencurian, dan penipuan. Karena hal itu menyebabkan kesengsaraan, kedurhakaan dan kemaksiatan mereka.

Tidak mendo’akan kebinasaan dan kemarahan terhadap anak, karena do’a baik maupun buruk kadang-kadang dikabulkan dan mungkin malah akan menambah kesesatan mereka. Lebih baik jika kita mengatakan kepada anak. “Semoga Allah memperbaiki akhlakmu.”

Memperingatkan anak-anak untuk tidak melakukan perbuatan syirik kepada Allah, seperti berdo’a kepada orang-orang yang sudah mati, meminta pertolongan dari mereka dan lain sebagainya. Padahal mereka adalah hamba-hamba Allah, yang tidak bisa mendatangkan bahaya maupun manfaat.

Allah berfirman : “Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) mudharat kepadamu selain Allah, sebab jika kamu berbuat yang demikian itu, maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang dzalim (musyrik).” (Q.S. Yunus ayat 106 ).

Sumber : Bimbingan Islam
Terima Kasih Sudah Membaca: Cara Memperingatkan Anak Untuk Menjauhi Larangan Agama

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 09:58
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger