Arti Sebuah Kejujuran

Sajadah Muslim ~ Para pembaca yang mulia, menyoal kejujuran adalah suatu topik pembicaraan yang mahal. Tak ubahnya ibarat barang langka, namun banyak konsumen yang mengincarnya. Terasa susah sekali mencari orang yang jujur atau yang bisa dipercaya. Tak urung, orang kepercayaan pun bisa jadi musuh dalam selimut. Seiring dengan kemajuan media informasi dan teknologi yang semakin canggih, peran kejujuran merupakan modal yang paling urgen (mendasar). Keakuratan dalam memberikan informasi, berita, data, fakta, dan segala yang terkait dengan pernyataan, sikap dan tindakan, itu tergantung kepada faktor kejujuran.


Demi mengejar persaingan bisnis, persaingan posisi (jabatan), kesenjangan social, kesulitan ekonomi ataupun kepentingan lainnya tak jarang dapat membutakan prinsip kejujuran. Tak luput juga dalam dunia pendidikan, adanya persaingan pendidikan yang kurang sehat juga dapat menggugurkan akan kejujuran. Kalau dalam dunia pendidikan saja sudah terlepas dari prinsip kejujuran, bagaimana lagi bila meningkat pada jenjang berikutnya ?

Demikian pula dalam lembaga kecil rumah tangga sangat perlu ditanamkan dan diterapkan prinsip kejujuran yang mulia ini. Betapa menyesalnya orang tua, bila sang anak sudah tidak bisa dipegang kejujurannya lagi, betapa retaknya hubungan suami istri bila keduanya tidak saling menaruh kepercayaan ? Dalam lembaga yang kecil saja ketidakjujuran itu membawa dampak negative yang luar biasa, bagaimana lagi dampak yang terjadi dalam lembaga yang lebih besar ?

Sangat tragis bila image (praduga) “Siapa yang jujur ajur”, “Siapa yang polos gak lolos”, ini semakin semarak. Apakah wabah ini bisa terobati ? Jawabannya, tentu karena Allah SWT tidak akan menurunkan sebuah penyakit melainkan pasti ada obatnya. Kembali kepada Islam, mempelajari ajaran-ajarannya dan mengamalkannya adalah obat yang tepat.

Jujur adalah Tanda Orang Yang Beriman

Sesungguhnya Agama Islam yang dibawa oleh baginda Nabi Muhammad SAW adalah Agama yang menjunjung tinggi prinsip kejujuran. Beliau sendiri adalah seorang yang mendapat gelar Al-Amin (orang yang dapat dipercaya) dimasa itu. Karena beliau melandasi setiap tindakannya diatas prinsip kejujuran.
Terima Kasih Sudah Membaca: Arti Sebuah Kejujuran

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 19:04
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger