Mendidik dan Mengajarkan Shalat Kepada Anak

Sajadah Muslim ~ Pengajaran shalat kepada anak laki-laki maupun anak perempuan pada masa kecil adalah wajib, agar mereka terbiasa untuk mengerjakannya jika sudah besar / dewasa Rasulullah bersabda :

“Ajarkanlah shalat kepada anak-anakmu jika sudah sampai umur tujuh tahun, dan pukullah jika sudah sampai umur sepuluh tahun serta pisahkan tempat tidur mereka.” (H.R. Ahmad).


Pengajaran shalat tersebut diawali dengan wudhu dan shalat didepan mereka. Membawa mereka pergi bersama ke masjid, memberikan kepada mereka buku tentang tata cara shalat sehingga seluruh keluarga mempelajarinya permasalahan shalat. Hal ini merupakan kewajiban seorang pendidik dan kedua orang tua. Setiap pengurangan dalam tanggung jawab tersebut akan ditanya oleh Allah.

Mengajarkan membaca Al-Qur’an, Al Karim kepada anak-anak yang dimulai dari surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek serta menghafal do’a Tahiyyat untuk shalat. Menyediakan ustadz untuk mengajar tajwid, menghafal Al Qur’an dan hadits.
    
Mendorong anak-anak untuk shalat Jum’at dan shalat berjama’ah di masjid. Berlemah lembut dalam memberikan nasihat, jika mereka bersalah. Tidak berbicara dengan suara keras dan mengagetkan mereka agar tidak meninggalkan shalat dan kemudian kita berdosa. Jika kita mengenang masa kanak-kanak kita dahulu, maka kita akan memaklumi hal itu.

Sumber : Bimbingan Islam Untuk Pribadi Dan Masyarakat oleh Syeikh Muhammad Jamil zainu
Terima Kasih Sudah Membaca: Mendidik dan Mengajarkan Shalat Kepada Anak

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 12:28
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger