Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Cara Shalat Sunnah Gerhana Matahari

Sajadah Muslim ~ Shalat Sunnah Gerhana Matahari ialah shalat yang dilaksanakan apabila terjadi gerhana matahari dimana shalat tersebut dilaksanakan mulai saat terjadi gerhana matahari sampai matahari kembali semula. Sebagaimana telah disebutkan bahwa shalat Gerhana Matahari ialah hukumnya Sunnah.

Niat Shalat Sunnah Gerhana Matahari

USHOLLI SUNNATAL KUSUUFI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBAR. Artinya : “Saya berniat shalat gerhana matahari dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allahu Akbar”.

Shalat Sunnah Gerhana Matahari dilakukan dalam 2 rakaat dimana hal tersebut dilakukan dengan ketentuan 4 kali ruku, pada rakaat pertama setelah membaca surat Al-Fatihah dan Surat panjang lakukan ruku, setelah bangkit dari ruku yang pertama kembali membaca surat Al-Fatihah dan Surat panjang lainnya lalu ruku lagi begitu pula pada rakaat yang kedua kecuali pada pedoman sujud yang tak berbeda dengan shalat-shalat biasa lainnya.

Atau lebih jelasnya simak panduan dibawah ini.
  1. Berniat di dalam hati. Saya niat salat sunnah gerhana matahari/ kusuf dua raka’at karena Allah Ta’ala.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Baca doa iftitah, berta’awudz, lalu diikuti surat Al-fatihah dan surat yang panjang dengan tidak dikeraskan suaranya.
  4. Ruku sambil memanjangkannya.
  5. Bangkit dari ruku (itidal) sambil mengucapkan Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana wa lakalhamd’.
  6. Setelah i’tidal, baca surat Al-Fatihah dan surat, yang panjang (lebih singkat dari yang pertama).
  7. Ruku kembali (lebih pendek dari ruku sebelumnya)
  8. I’tidal.
  9. Sujud panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk diantara dua sujud dan sujud kembali.
  10. Bangkit dari sujud, lalu menjalankan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama (bacaan dan gerakannya lebih singkat dari sebelumnya).
  11. Tasyud.
  12. Salam.
  13. Setelah salam, Imam menyampaikan kotbah kepada para jama’ah yang berisi anjuran zikir, doa, istighfar, dan sedekah.

Doa Sesudah Mengerjakan Shalat Sunnah Gerhana Matahari

Mengenai doa sesudah selesai mengerjakan shalat gerhana matahari, dipusatkan (ditujukan) untuk supaya secepatnya pulih kembali seperti semula, karena seandainya gerhana tersebut tidak dikembalikan oleh Allah untuk seterusnya, niscaya merupakan bencana yang sangat besar bagi umat manusia dalam kehidupan di dunia ini dan perbanyaklah membaca istighfar dan shalawat atas Nabi Muhammad SAW serta berdoalah untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat sebagaimana doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah kepada kita.

Semoga bermanfaat !!
Labels: Shalat

Thanks for reading Cara Shalat Sunnah Gerhana Matahari. Please share...!

0 Comment for "Cara Shalat Sunnah Gerhana Matahari"

Back To Top