Memohon Perlindungan Kepada Allah dari Fitnah dan Azab Kubur

Sajadah Muslim ~ Fitnah dan azab kubur merupakan keadaan yang sangat besar, sehingga Rasulullah saw memohon perlindungan dari hal itu baik dalam shalat maupun di luar shalat. Beliau pun sangat menganjurkan kepada umatnya untuk memohon perlindungan kepada Allah dari segala fitnah dan azab kubur.

Orang-orang yang Terpelihara dari Fitnah dan Azab Kubur

Sebagian kaum mukmin yang melakukan amal-amal besar atau tertimpa musibah besar akan terjaga dari fitnah dan azab kubur. Mereka di antaranya adalah :
  1. Orang yang mati syahid, An Nasal, meriwayatkan dalam Sunan-nya bahwa seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah saw, Ya Rasulullah mengapa kaum mukmin diuji dalam kubur kecuali yang mati syahid? Beliau menjawab, Cukuplah baginya ujian kilatan pedang di atas kepalanya.
  2. Seseorang yang gugur ketika bertugas jaga (sebagai  prajurit) di jalan Allah, Fadhdhalah Ibnu Ubaid, meriwayatkan dari Rasulullah saw, bahwa beliau bersabda; Setiap yang gugur akan selesai amalnya kecuali yang meninggal ketika bertugas jaga di jalan Allah. Amalnya terus tumbuh sampai hari kiamat dan ia akan aman dari fitnah kubur. (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).
  3. Seseorang yang meninggal hari Jum’at. Dalam hadits Abdullah Ibnu Amru, Nabi saw bersabda, Setiap muslim yang meninggal pada hari Jum’at akan dijaga oleh Alah dari fitnah kubur. (HR. Ahmad dan Tirmidzi)
  4. Seseorang yang meninggal karena sakit perut. Abdullah  Ibnu Yasar, berkata, Aku pernah duduk bersama Sulaiman Ibnu Shard dan Khalid Ibnu Urafthah. Mereka menceritakan bahwa ada seorang lelaki yang meninggal karena sakit perut. Keduanya ingin menyaksikan jenazahnya. Salah satunya mengatakan kepada yang lain. Bukankah Rasulullah saw bersabda; Orang yang meninggal karena sakit perut tidak akan diazab di dalam kubur. Yang satunya menjawab, Ya (HR. An-Nasal dan Tirmidzi).

Nasehat dari Penyair

Betapa banyak orang sehat mati tanpa sakit
Betapa banyak yang sakit hidup lebih lama
Biarlah dunia menghampirimu dengan sia-sia
Duniamu tiada lain laksana bayangan yang menaungimu, lalu lenyap tak berbekas.
Setiap hari maut menebar kafan, sementara kita lalai akan kewajiban
Berikanlah pada dirimu taubat, sebelum kau mati dan mulutmu terkunci.
Oleh Abu Khalid, MA
Terima Kasih Sudah Membaca: Memohon Perlindungan Kepada Allah dari Fitnah dan Azab Kubur

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 20:05
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger