Keajaiban dan Mukjizat dari Al-Quran Bagian 2

Dengar Al-Quran, Tekanan Darah Turun

Al-Quran memberikan pencerahan pada pembaca dan pendengarnya (lihat QS. Al-Israa ayat 82). Allah juga  menjanjikan pahala berlipat  ganda bagi yang membaca dan mendengarkannya. Di samping itu, al-Quran juga merupakan obat dan penawar. Penelitian Dr. Ahmed E. Qazi (dkk), menunjukan  bahwa tekanan darah yang tinggi menurun selama  mendengar bacaan al-Quran menstimulasi perasaan akan kekuatan, ketenangan jiwa,  konsentrasi pikiran, keagungan dan lain-lain. 

Ada Bahasa-Bahasa Al-Quran Berasal Non-Arab

Isi al-Quran berbahasa Arab (lihat QS. as- Syu’ara ayat  195). Namun, ada  beberapa kata yang bersumber dari bahasa ‘ajam (atau selain bahasa Arab),  yang mengalami Arabisasi  (ta’rib) sehingga menjadi bagian dari  bahasa Arab. Misalnya  al-Qis thas  (bahasa Romawi berarti timbangan) di QS. Al-Isra ayat 35 sijjlil (bahasa Persia berarti batu dari tanah) di QS. Al-Fiil ayat 4, misykat (bahasa India bearti lubang di dinding yang tidak tembus) di QS. An- Nur ayat 35 dan Istabraq (bahasa Persia bearti kain sutera yang tebal) di QS. Al-Kahfi ayat 31.

Ayat Tentang ‘Laut’ Lebih Banyak dari Ayat ‘Darat’

Dr. Tariq al-Swaidan dalam Astonishing Facts About  al-Quran, menyebutkan bahwa jumlah ayat kata ‘laut’ berjumlah 32, sementara  jumlah ayat ‘darat’ hanya 13. Sehingga, ayat ‘darat’  dan ‘laut’ berjumlah 45. Jumlah ayat yang membicarakan kata ‘laut’ berarti  32/45 X 100% = 71,11 %, sedangkan  ayat dengan  kata  ‘darat’  sebanyak  13/45 X 100 % = 28,88 %. Nah, angka-angka itu ternyata sesuai dengan ilmu pengetahuan sains kebumian yang mencatata bahwa 71,11 % bumi ini adalah lautan. Sedangkan daratan hanya ada 28,88 %.

Negeri di Batas Dua Lautan Sangat Untung

Negeri yang berada di batas dua lautan memperoleh banyak keuntungan dari pada negeri yang hanya berbatasan dengan laut atau daratan saja. Kita bisa mengambil pesan dari QS. Ar Rahman ayat 19-22, QS. Al-Furqan ayat 53 dan QS. Al-Fathir ayat 12. Di sana disebutkan  bahwa lokasi negara seperti ini merupakan tempat keluarnya karunia mutiara (al-liu’lu) dan marjan serta tempat berlalunya sejumlah kapal. Misalnya saja Singapura. Negara ini berhasil mengambil manfaat dan mengeksploitasi kelebihan  yang dimiliki negara lain. 

Kapal Nabi Nuh Berdampar di Irak. Menurut  QS. Hud, ayat  44, terdamparnya kapal Nabi  Nuh ada di Bukit Jabal Judi (atau Gudi, atau Kudi, atau Kurd) yang terletak di Armenia sebelah Selatan berbatasan dengan Mesopotamia, atau di kawasan Kurdistan, yang sekarang di sebut Negara Irak, yaitu pada kawasan daratan tinggi Arrat. Penelitian yang dilakukan ahli  geologi Amerika Serikat tahun 1990-an juga menyebutkan bahwa  memang  ada lapisan sedimen di dasar Laut Hitam yang tebalmnya luar biasa dan proses pengendapannya juga sangat cepat.

Pengaruh Mendengarkan Lantunan Al-Quran

Mendengarkan lantunan ayat-ayat al-Quran berpengaruh  pada kejiwaan seseorang. Orang  stres bisa sembuh dan terobati. Sebuah studi  di sebuah universitas di Washington menyebutkan bahwa 65 % ekperimen mendengarkan lantunan ayat-ayat al-Quran memiliki pengaruh  yang cukup signifikann terhadap gejala  stres. Sedangkan  pada bacaan  lain selain al-Quran semisal buku, novel, majalah, koran, dan sebagainya, hanya berpengaruh sekitar 35 % saja untuk menghilangkan gejala stres.

Al-Quran Menurut Mahmud Syaltut dan Quraish Shihab

Mahmud Syaltut dalam bukunya Ila al-Quran, al-Karim, menyebutkan bahwa  al-Quran memilki tiga aspek, yaitu akidah, syariah, dan akhlak. Pencapaian ketiga tujuan ini dilukiskan melalui empat cara, yakni perintah memperhatikan alam raya, perintah mengamati pertumbuhan dan perkembangan manusia, kisah-kisah, dan janji serta ancaman dunia dan akhirat. Quraish Shihab dalam bukunya  Membumikan al-Quran, menambahkan tiga aspek keistimewaan al-Quran, yakni ketelitian dan keindahan redaksinya, isyarat-isyarat  ilmiahnya, dan misteri gaib di masa lalu dan mendatang.

Siapakah Penggagas dann Ekssekutor Al-Quran Dibukukan ?    

Sesudah Perang Riddah, yaitu perang  melawan  Musalimah al-Kadzzab, banyak sahabat Nabi yang hafal al-Quran tewas. Melihat kenyataan ini, Umar bin Khattab merasa khawatir  akan nasib al-Quran dan teksnya. Ia lalu pergi menemui Khalifah Abu Bakar Shiddiq dengan mengatakan bahwa cepat-cepatlah  bertindak memerintahkan untuk pengumpulan al-Quran. Abu Bakar, kemudian memerintahkan Zaid bin Sabit, sekretaris  Rasulullah, untuk mengumpulkan ayat-ayat al-Quran di berbagai tempat seperti di daun-daunan, di atas batu, tulang-tulang hewan, dan yang dihafal oleh orang.

Menghafal Al-Quran Meningkatkan Prestasi Akademis    

Para akademis dan spesialis sependapat bahwa menghapal al-Quran memiliki efek baik dalam pengembangan ketrampilan dasar pelajar, serta dapat meningkatkan prestasi  akademis. Dr. Abdullah Subaih, profesor  psikologi di Universitas Imam Muhammad bin Su’ud al-Islamiyah di Riyadh, menyerukan  pelajar  untuk menghafal  al-Quran. Hafalan  al-Quran tersebut dapat membantu untuk konsentrasi dan merupakan syarat  mendapatkan ilmu. Bagi orang yang terbiasa menghafalkan al-Quran, maka ia akan terlatih dengan konsentrasinya yang tinggi. Sel-sel otak harus difungsikan terus. Orang terbiasa menghafal, maka sel-sel otak dan badannya akan aktif, dan menjadi kuat dari orang biasa.

Penjelasan Al-Quran dan Ilmuan Mengenai Sperma

Imu kedokteran menyebutkan bahwa  ketika suami-isteri berhubungan badan, 250 juta  sperma terpencar dari laki-laki seketika. Sperma melakukan perjalanan 5 menit yang sulit dalam tubuh si ibu sampai menunju sel telur. Hanya seribu dari 250 juta sperma yang akan berhasil mencapai sel telur. Sel telur, yang berukuran setengah dari sebutir garam, hanya akan membolehkan masuk satu sperma. Ini ternyata telah dijelaskan dalam al-Quran : “Apakah manusia mengira akan dibiarkan tak terurus ? Bukankah ia hanya setitik mani  yang dipancarkan?” (QS. Al- Qiyamah ayat 36- 37). Jadi, fakta yang ditemukan ilmuwan pengetahuan modern merupakan bukti bahwa pernyataan tersebut berasal dari al-Quran.

Oleh Uup Gufron
Terima Kasih Sudah Membaca: Keajaiban dan Mukjizat dari Al-Quran Bagian 2

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 20:46
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger