Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

ISLAM MENGANGKAT DERAJAT WANITA

Sajadah Muslim ~ Islam  memuliakan derajat kaum wanita dengan jalan : menjadikan mereka sebagai pendidik generasi mendatang dan menggantungkan baik atau buruknya umat kepadanya. Islam mewajibkan wanita menutup aurat untuk menyelematkan mereka dari tangan-tangan jahil dan menghindarkan masayarakat dari dampak negatif.

Perlu ditambahkan bahwa yang demikian itu menciptakan rasa kasih sayang antara suami dan isteri. Sebab laki-laki yang melihat perempuan yang lebih cantik dari pada isterinya dapat menimbulkan gangguan yang bisa berakibat pada perceraian.

Allah  berfirman : “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin : “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.” (Q.S. Al Ahzab ayat 59).


Anne Bizan, tokoh wanita internasional pernah mengatakan : “Seringkali datang menghinggapi pikiran saya bahwa wanita dalam naungan Islam lebih merdeka (bebas) ketimbang di agama-agama lain. Sebab Islam banyak menjaga hak-hak wanita jika dibandingkan dengan agama lain yang melarang poligami.

Demikian pula ajaran Islam lebih adil bagi wanita dan lebih menjamin kebebasannya. Sedang wanita di Inggris tidak memperoleh hak milik kecuali sejak 20 tahun yang lalu saja, padahal Islam telah menentukan hak milik bagi wanita sejak datangnya agama Islam yang pertama kali.

Adalah omong kosong kalau dikatakan bahwa Islam menganggap wanita sebagai orang yang tidak bernyawa.

Ia melanjutkan penuturannya : “Bila kita timbang secara adil, maka poligami secara Islam yang menjaga, melindungi, memberi makan, pakaian dan perhatian kepada wanita adalah lebih baik dari pada prostitusi ala barat yang membolehkan laki-laki melampiaskan syahwatnya pada wanita, kemudian wanita itu dibuang di jalanan.”

Franzoa Sagan, seorang orientalis barat pernah berkata : “Wahai wanita timur, ketahuilah bahwa orang yang memanggil namamu dan mengajakmu beremansipasi dengan laki-laki sebenarnya adalah orang-orang yang menertawakan kami sebelum kamu.

Fon Harmer pernah  berkata  : “Menutup aurat bagi kaum wanita adalah alat untuk menjaga kehormatannya serta martabat yang didambakannya.”

Sumber : Bimbingan Islam
Labels: Pendidikan Islam, Seputar-Islam

Thanks for reading ISLAM MENGANGKAT DERAJAT WANITA. Please share...!

0 Comment for "ISLAM MENGANGKAT DERAJAT WANITA"

Back To Top