Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

ALLAH BERADA DI ATAS ARSY

Sajadah Muslim ~ Al Qur’an, hadits shahih, naluri dan cara berfikir yang sehat telah mendukung  kenyataan bahwa Allah berada di atas Arsy.

Firman Allah : “Yaitu Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas Arsy”(Q.S. Thaahaa : 5). Pengertian ini sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dari beberapa tabi’in. Firman Allah : “Apakah kamu merasa aman terhadap Allah Yang yang berada di langit ? Bahwa Dia akan menjungkir balikan bumi bersama kamu ? (Q.S. Al-Malik: 16). 

Firman Allah : “Mereka takut kepada Tuhan mereka yang berada di atas mereka” (Q.S. An- Nahl : 50). Firman Allah tentang Nabi Isa : “Tetapi (yang sebenarnya) Alah telah mengangkat Isa kepada-Nya” (Q.S. An-Nisa : 158). Maksudnya Allah menaikkan Nabi Isa ke langit. Firman Allah : “Dan Dialah Allah (Yang disembah), baik di langit maupun di bumi.” (Q,S. Al-An”am : 3)


Ibnu Katsir rahimahullah mengomentari ayat ini sebagai berikut; “Para ahli tafsir sependapat bahwa kita tidak akan berkata seperti ucapan kaum Jahmiayah (golongan yang sesat) yang mengatakan bahwa Allah itu berada di setiap tempat maha suci Allah dari ucapan mereka.

Adapun Firman Allah : “Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada” (Q.S. Al-Hadiid : 4). Maksudnya bahwa Dia bersama kita; mengetahui, mendengar dan melihat kita dimanapun kita berada. Apa yang disebutkan dan sesudah ayat ini menjelaskan hal tersebut, seperti keterangan dalam tafsir Ibnu Katsir.

Rasulullah mi”raj ke langit ke tujuh dan difirmankan Allah kepadanya serta diwajibkan untuk melakukan shalat lima waktu (Dalam riwayat Bukhari dan Muslim). Sabda  Rasulullah : “Kenapa kamu tidak mempercayaiku, padahal aku dipercaya oleh Allah yang berada di langit ? (hadits riwayat Tirmidzi). Sabda rasulullah : “Sayanglah orang-orang yang ada di bumi maka, yang di langit (Allah) akan menyayangimu.” (Riwayat Tirmidzi).

Rasulullah pernah menanyai seorang budak wanita; “Di mana Allah ? Jawabnya, “Di langit“ Rasulullah bertanya lagi; “Siapa aku ini?” dijawabnya lagi; “Engkau adalah Rasul Allah.” Lalu Rasulullah bersabda; “Merdekakanlah dia karena dia seorang Mu’minah” (Riwayat Muslim). Sabda Rasulullah : “Arsy itu berada di atas air dan Allah berada  di atas Arsy, Allah-lah mengetahui keadaan kamu. “(hadits Hasan riwayat Abu Daud).

Abu Bakar Ash Shiddiq berkata, “barangsiapa menyembah Allah maka Allah berada di langit. Dan Maha hidup dan tidak pernah mati.” (Riwayat Imam Darimi dalam Al-Radd Alal Jahmiyah).

Abdullah bin Mubarak rahimahullah pernah ditanya. “Bagaimana kita mengetahui  Tuhan kita?”, maka ia menjawab; “Tuhan kita berada di atas langit, diatas Arsy, berada dengan makhluk-Nya. Maksudnya, Dzat Allah berada di atas Arsy, berbeda dan berpisah dengan makhluk-Nya, dan keadaan-Nya di atas Arsy tersebut tidak sama dengan makhluk.

Para Imam empat (Abu Hanifah, Malik Syafi”I dan Ahmad bin Hanbal) telah sepakat bahwa Allah berada di atas Arsy, tidak ada seorangpun dari makhluk-Nya yang serupa Dia. Orang yang sedang shalat selalu mengucapkan “Subhana Rabbial A”laa.” (maha suci Tuhanku Yang maha Tinggi). Ketika berdo”a ia juga mengangkat tangannya dan menengadah ke langit.

Anak kecil ketika anda Tanya di mana Allah? Dia akan segera menjawab berdasarkan nalurinya, bahwa Allah berada di langit. Cara berfikir yang sehat juga mendukung kenyataan bahwa Allah berada di langit. Seandainya Allah ada di semua tempat, niscaya Rasulullah pernah menerangkan dan mengajarkan kepada para sahabatnya. Kalau Allah berada di segala tempat berarti Allah juga berada di tempat- tempat najis dan kotor. Maha suci Allah dari anggapan yang demikian itu.

Pendapat yang mengatakan bahwa Allah berada di segala tempat, berarti bahwa Dzat Allah itu banyak, karena banyaknya tempat. Akan tetapi karena Dzat Allah, itu satu, dan mustahil banyak, maka pendapat yang mengatakan bahwa Allah berada di segala tempat adalah bathil. Maka sudah barang tentu Allah itu berada di langit, di atas Arsy-Nya, dan Dia bersama kita; mengetahui, mendengar dan melihat di manapun kita berada.

Sumber : Bimbingan Islam oleh Syeikh Muhammad Jamil Zainu
Labels: Pendidikan Islam, Seputar-Islam, Tauhid

Thanks for reading ALLAH BERADA DI ATAS ARSY. Please share...!

0 Comment for "ALLAH BERADA DI ATAS ARSY"

Back To Top