Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Tata Cara Berwudhu Dan Mandi Bersih

Sajadah Muslim ~ Wudhu adalah thaharah yang wajib dari hadats kecil seperti buang air kecil (kencing), buang air besar, keluar angin dari dubur (kentut) dan tidur nyenyak, serta memakan daging unta.

Tata Cara berwudhu

  1. Niat berwudhu di dalam hati, tanpa diucapkan karena nabi tidak pernah melafadzkan niat dengan lisan dalam waktu berwudhu, shalat dan ibadah apapun. Allah swt mengetahui apa yang ada di dalam hati tanpa pemberitaan kita.
  2. Membaca ‘Basmallah”
  3. Mambasuh kedua telapak tangan ( 3  X )
  4. Berkumur – kumur serta menghirup air ke lubang hidung ( 3 X)
  5. Membasuh seluruh wajah ( batasan muka melebar antara dua telinga) dan dari awal tempat tumbuh rambut kepala hingga dagu (batasan memanjang ( 3 X )
  6. Membasuh kedua lengan tangan dari ujung jari sampai  batas siku dengan diawali lengan tangan kanan kemudian tangan kiri ( 3 X)
  7. Mengusap kepala, yaitu dengan membasahi tangan kemudian menyapu kepala bagian depan sampai bagian belakang, kemudian mengembalikan telapak tangan dari belakang sampai ke depan lagi ( 1 X )
  8. Mengusap kedua daun telinga dengan memasukkan jari telunjuk ke dalam lubang telinga dan mengusap bagian luar (belakang) dengan ibu jari ( 1 X )
  9. Membasuh kedua kaki yaitu dari ujung jari sampai mata kaki, dengan di awali dari kaki kanan kemudian kaki kiri ( 3 X).
Mandi bersih  adalah thaharah ( bersuci ) wajib dari hadats besar seperti janabah dan  haid.

Tata Cara Mandi  Bersih

  1. Niat mandi tanpa deiucapkan
  2. Membaca basmallah
  3. Wudhu dengan sempurna
  4. Menciduk air untuk kepala, dan bila sudah merata, maka barulah mengguyurkanny (3X)
  5. Membasuh seluruh badan
Labels: Pendidikan Islam, Shalat, Wudhu

Thanks for reading Tata Cara Berwudhu Dan Mandi Bersih. Please share...!

0 Comment for "Tata Cara Berwudhu Dan Mandi Bersih"

Back To Top