Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Wanita Enggan Mengeluarkan Zakat Perhiasan

Sajadah Muslim ~ Apakah wanita yang punya perhiasan itu wajib mengeluarkan zakat ?


Jawabannya ialah :

Pada awal permulaan Islam, perhiasan dari emas dan perak diharamkan bagi para wanita, dari itu harus dikeluarkan zakat. Namun kemudian perhiasan emas dan perak diperbolehkan. Dari itu, zakat harus dikeluarkan pada perhiasan yang berlebih dan yang disimpan.

Dalam hal ini ada sebuah hadits yang bersumber dari Amr bin Syu'aib, dari ayahnya, dari kakeknya, bahwasanya ada dua orang wanita datang kepada Nabi saw dan ditangannya ada gelang dari emas, lalu beliau bertanya kepada kedua wanita itu. "Apakah kamu berdua sudah mengeluarkan zakat perhiasan ini?" Wanita itu menjawab: “Tidak". Beliau bersabda : "Apakah kamu suka jika Allah menciptakan gelang bagimu dari api neraka pada hari kiamat". (HR. Abu Daud, Tirmidzi  dan Nasa'i)         
                                          
Walhasil, dengan beralasan hadits diatas, maka bagi wanita yang tidak mengeluarkan zakat perhiasannya akan mendapat dosa. Dari itu, wanita muslimah hendaknya memperhatikan zakat perhiasannya. Hal tersebut lebih baik demi mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai jalan menuju ketaqwaan di sisi-Nya.

Oleh Ustadz Labib Mz
 
Labels: Wanita Muslimah

Thanks for reading Wanita Enggan Mengeluarkan Zakat Perhiasan. Please share...!

1 Comment for "Wanita Enggan Mengeluarkan Zakat Perhiasan"

Back To Top