Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

PUASA DAN BEBERAPA FAEDAHNYA

Sajadah Muslim ~ Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.” ( Q.S; Al-Baqarah ayat 183 )

Rasulullah bersabda : “Puasa itu adalah tameng (untuk menghindari api neraka).” (Muttafaq Alaih).


Ketahuilah wahai saudaraku seagama, bahwa puasa itu adalah ibadah yang memiliki faedah tak terhitung jumlahnya, di antaranya:

Puasa mengistirahatkan pencernaan dan perut dari kelelahan kerja yang terus menerus, mengeluarkan sisa makanan dalam tubuh, memperkuat badan dan bermanfaat pula bagi penyembuhan beberapa penyakit. Disamping mengistirahatkan kaum perokok dari kecanduan rokok dan dapat membantu dalam upaya meninggalkannya.

Puasa merupakan latihan dan pembiasaan jiwa untuk berbuat kebaikan dan displin, ketaatan dan kesabaran.

Orang yang berpuasa merasakan adanya persamaan dengan saudaranya yang berpuasa, ia berpuasa bersama, berbuka bersama, merasakan adanya kesatuan Islam yang menyeluruh, dan dapat merasakan lapar sehingga dapat ikut prihatin terhadap saudara-saudaranya yang mengalami kelaparan dan yang membutuhkan.

Rasulullah bersabda : “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mencari ridha Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” ( Muttafaq Alaih ).

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian diikuti dengan enam hari pada bulan Syawal, maka seolah-olah puasanya seperti puasa setahun penuh.” ( H.R. Muslim).

“Barangsiapa yang menghidupkan malam pada bulan Ramadhan (shalat tarawih)  dengan penuh keimanan dan mencari ridha Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq Alaih).

Sumber : Kehidupan Islam
Labels: Pendidikan Islam, Seputar-Islam

Thanks for reading PUASA DAN BEBERAPA FAEDAHNYA. Please share...!

0 Comment for "PUASA DAN BEBERAPA FAEDAHNYA"

Back To Top