Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak

Sajadah Muslim ~ Kita biasakan anak-anak kita untuk menggunakan tangan kanan dalam mengambil, memberi, makan, minum, menulis dan menyambut tamu, dan mengajarkannya untuk selalu memulai setiap pekerjaan dengan basmalah terutama untuk makan dan minum dan harus dilakukan dengan duduk serta diakhiri dengan membaca hamdalah.

Membiasakan anak-anak kita untuk selalu menjaga kebersihan, memotong kukunya, mencuci kedua tanganya sebelum dan sesudah makan, dan mengajarinya untuk bersuci ketika membuang air kecil maupun air besar sehingga tidak membuat pakaiannya terkena najis dan shalatnya menjadi sah.


Berlemah lembut dalam memberi nasihat kepada mereka, dengan secara rahasia tidak membuka kesalahan mereka di depan umum, jika mereka tetap membandel, maka kita diamkan selama tiga hari dan tidak lebih dari itu.

Menyuruh anak-anak kita untuk diam ketika adzan berkumandang dan menjawab bacaan-bacaan muadzin, kemudian bershalawat atas Nabi dan berda’a :

 “Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan yang sempurna ini dan shalawat yang dikirimkannya, berilah  Muhammad kedudukkan yang tinggi dan kemuliaan serta bangkitkanlah dia di tempat yang terpuji, yang telah Engkau janjikan.” (HR. Bukhari).

Memberikan tempat tidur pada setiap anak jika memungkinkan, jika tidak maka setiap anak diberikan selimut sendiri-sendiri. Akan lebih utama jika anak perempuan mempunyai kamar tersendiri dan anak laki-laki mempunyai kamar sendiri, guna menjaga akhlak dan kesehatan mereka.

Membiasakan mereka untuk tidak membuang sampah dan kotoran di tengah jalan dan menghilangkan hal yang menyebabkan mereka sakit.

Waspada terhadap persahabatan mereka dengan kawan-kawan yang nakal, mengawasi mereka  dan melarang mereka untuk duduk-duduk di pinggir jalan.

Berpesan kepada anak-anak kita untuk berbuat baik kepada tetangga dan tidak menyakiti mereka.

Membiasakan anak-anak, kita untuk bersikap hormat dan memuliakan tamu serta menghidangkan suguhan baginya.

Sumber : Bimbingan Islam
Labels: Pendidikan Islam

Thanks for reading Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak. Please share...!

0 Comment for "Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak"

Back To Top